Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 06 April 2021 | 15:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Permintaan tinggi akan kartu grafis oleh penambang koin kripto atau Cryptomining mebuat kelangkaan di pasaran. Juga mendorong produsen untuk membuat kartu grafis mining.

Seperti Nvidia yang menyiapkan chip CMP 30HX yang ditujukan untuk kartu grafis mining. Dan menjadi incaran para penambang koin kripto sebagai perangkat penting pada mining rig mereka.

Namun paling baru, dilaporkan kalau bea cuakai Hong Kong telah mengamankan penyelundupan kartu grafis khusus menambang koin kripto ini. Yang diduga akan diselendupkan ke China.

Dikutip dari Tweaktown, MyDrivers melaporkan kalau 300 kartu grafis yang diamankan petugas bea cukai Hong Kong ini menggunakan chip Nvidia 30HX tersebut.

Menurut akun Twitter CK's Technology News, setidaknya harga per unit komponen PC ini seharga 724 dolar AS atau setara Rp 10 juta. Jika ditotal, 300 unit ini setidaknya seharga Rp 3,1 miliar.

Kartu Grafis Mining yang disita petugas bea cukai Hong Kong. (tweaktown)

Para penyelundup hendak memasukkan kartu grafis mining tersebut ke China. Sayangnya beberapa wilayah di negara tersebut telah melarang aktivitas penambangan koin kripto.

Pelarangan aktivitas Cryptomining di beberapa wilayah China ini dikarenakan tingginya permintaan listrik, ditambah murahnya harga listrik untuk beberapa daerah tersebut.

Belum lagi banyaknya aksi pencurian listrik yang ditujukan untuk aktivitas penambangan koin kripto ini. Membuat pemerintah China turun tangan menekan aktivitas tersebut.

Menurut laporan Tweaktown, setidaknya 65 persen dari permintaan tenaga mining koin kripto dunia dipenuhi oleh para penambang di China. Dan di sana pula jadi tempat penyerapan kartu grafis terbanyak.

Tidak dipungkiri banyak yang tergiur akan keuntungan dari Cryptomining di China. Bahkan sampai menyelundupkan kartu grafis mining melalui Hong Kong seperti yang tertangkap bea cukai.

BACA SELANJUTNYA

Asus Rilis Kartu Grafis GeForce RTX 4060, ROG Strix hingga ProArt