Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 16 April 2021 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ramadan merupakan sebuah bulan mulia yang dimanfaatkan oleh umat Muslim untuk meningkatkan ibadahnya. Kami akan memberikan rekomendasi terkait aplikasi yang bisa mendukung ibadah saat Ramadan.

Serbaguna, deretan aplikasi Ramadan ini bisa membantu kamu mengumpulkan ceramah-ceramah favorit, membantu membaca Alquran hingga mengukur performa target ibadah harian di bulan Ramadan.

Cukup ringan, beberapa aplikasi rekomendasi juga tak terlalu banyak mengganggu kinerja HP dan kamu bisa melakukan kustomisasi.

Canggihnya lagi, kamu bisa mengatur notifikasi mengenai ayat favorit hingga peringatan untuk mencapai performa ibadah harian.

Berikut 5 aplikasi serbaguna yang cocok digunakan saat bulan Ramadan:

1. Muslim: Ramadan Calendar, Prayer Times, Qibla

Aplikasi Muslim Ramadan Calendar. (Play Store)

 

Muslim: Ramadan Calendar merupakan aplikasi rekomendasi yang cukup ringan untuk dioperasikan.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah pengguna bisa berzikir Asmaul Husna dan membaca hadist setiap hari. Selain kalender Islam beserta waktu buka serta sahur berdasarkan lokasi GPS, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur pencarian kiblat.

Dengan Dhikr Counter, kalian bisa mengkustomisasi zikir apa saja dan menyimpan berapa target zikir setiap hari.

2. Yaumi - Teman Ibadah Muslim Milenial

Aplikasi Yaumi. (Play Store)

 

Apakah kamu suka lupa target ibadah seperti membaca berapa halaman atau juz setiap hari serta salat malam berapa kali di bulan Ramadan? Jika kamu suka lupa, aplikasi ini bisa membantu untuk mengingatkanmu.

Aplikasi Yaumi dapat membuat penggunanya menentukan target ibadah di bulan Ramadan atau bulan-bulan lainnya.

Beberapa fiturnya termasuk: Reminder Ibadah, Target Ibadah, Alquran Digital, Info Kajian, Artikel Islami, hingga Info Donasi dan Zakat.

3. Umma #1 Muslim Application for Ramadhan

Aplikasi umma #1 Muslim Application for Ramadhan. (Play Store)

 

Umma #1 Muslim Application for Ramadhan merupakan aplikasi yang cukup populer karena telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Beberapa fiturnya termasuk: Alquran Digital, Real Time Adzan, Countdown for Next Prayer, dan Imsak Time. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa memahami ayat-ayat Alquran yang telah disusun berdasarkan tema.

Aplikasi Umma #1 Muslim Application for Ramadhan mempunyai banyak artikel Islami hingga video ceramah dari ustaz populer serta adanya fitur tanya jawab.

4. Muslim Day

Aplikasi Muslim Day. (Play Store)

 

Aplikasi ini tersedia dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Salah satu fitur utamanya adalah berupa reminder atau pengingat terkait target ibadah yang dituliskan sebelumnya.

Kalian bisa mendukung ibadah setiap hari termasuk kegiatan berinfak, salat malam, salat Dhuha, bahkan membaca Alquran. Salah satu fitur menariknya adalah aplikasi bisa menampakkan grafik perolehan target ibadah harian atau bulanan.

5. Mutabaah - Simple Daily Deeds Reporting

Aplikasi Mutabaah Simple. (Play Store)

 

Tak seperti empat aplikasi di atas, Mutabaah - Simple Daily Deeds Reporting lebih ringkas dan hanya membutuhkan 9,7 MB untuk mengunduhnya pertama kali.

Tampilan interface atau antarmuka sangat sederhana sehingga pengguna hanya perlu mencentang target ibadah harian.

Pengguna bisa memantau performa ibadah berupa salat Dhuha, Tahajud, Qiyamul Lail, Tilawah, hingga menyimpan target zikir.

Itulah tadi aplikasi serbaguna yang bisa mendukung ibadah serta menambah ilmu saat Ramadan, tertarik mengunduhnya?

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan WhatsApp Dibandingkan dengan Aplikasi Chatting Pesaing Lainnya