Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 23 April 2021 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam kendaraan seperti mobil, panel dengan layar sentuh akan sangat membantu pengguna dalam mengakses fitur-fitur. Dibutuhkan chip khusus yang menunjang dari fitur layar sentuh agar berfungsi dengan lebih optimal.

Untuk memenuhi kebutuhan akan user interface yang aman, intuitif, dan mudah digunakan dalam kendaraan otomotif, para perancang terus menggabungkan klaster kendaraan, panel kendali (center stack) dan tampilan navigasi pengemudi (co-driver display) ke dalam layar yang sangat luas.

Merampingkan dan menyederhanakan pengembangan sistem untuk layar ultrawide ini yang sering terlihat dalam kendaraan listrik (electric vehicles – EV), sistem bantuan pengemudi canggih (Advanced Driver-Assistance Systems – ADAS) dan kendaraan premium, Microchip Technology Inc. resmi mengumumkan kontroler layar sentuh MaXTouch MXT2912TD-UW.

Produk ini merupakan solusi berkualifikasi otomotif dengan chip tunggal pertama dalam industri yang mengakomodasi ukuran layar hingga 45 inci dengan rasio aspek yang sangat luas, yang mendukung teknologi penampil kristal cair (Liquid Crystal Display – LCD) dan teknologi layar dioda pemancar cahaya organik (Organic Light Emitting Diode – OLED).

MaXTouch MXT2912TD-UW mengurangi kebutuhan kontroler layar sentuh yang banyak dengan tampilan human machine interface (HMI) kendaraan. Kontroler sentuh dengan chip tunggal memberikan tingkat laporan tertinggi untuk layar lebar dan tidak bergantung pada resolusi layar, yang memberikan pengalaman pengguna yang sama seperti yang terdapat pada ponsel cerdas.

Microchip MXT2912TD-UW. (Microchip)

Juga didukung oleh Signal-to-Noise (SNR) intrinsik dari rangkaian produk maXTouch yang luar biasa, MXT2912TD-UW memungkinkan deteksi dan tracking sarung tangan tebal multi jari melalui
berbagai bahan overlay dan ketebalan, bahkan dengan adanya kelembaban.

Didorong oleh spesifikasi ISO 26262 untuk keselamatan fungsional kendaraan di jalan raya, MXT2912TD-UW berisi berbagai fitur keselamatan yang menyederhanakan jalur sistem modul tampilan ke sertifikasi keselamatan fungsional.

Fitur-fitur ini mencakup uji mandiri berkala, uji sensor sentuh, uji flash internal dan RAM, pemeriksaan integritas jalur data sinyal lengkap serta pengujian inti mikroprosesor (microprocessor – MPU) tambahan. Firmware yang tertanam dikembangkan untuk proses Automotive SPICE.

"Industri otomotif mendorong inovasi baru dalam desain interior, termasuk integrasi konsep HMI yang ramping. Microchip memungkinkan desain revolusioner ini dengan kontroler sentuh baru kami yang mendukung sensor sentuh rasio aspek lebar dengan teknologi kami yang unik dan dipatenkan," kata Fanie Duvenhage, wakil presiden unit bisnis HMI.

"Solusi chip tunggal kami menawarkan para pembuat layar dan penyedia otomotif Tingkat 1 solusi sentuh yang simpel dan ternama untuk sistem HMI kendaraan modern, yang mengurangi biaya, risiko dan time to market." lanjutnya.

Microchip MXT2912TD-UW. (Microchip)

Untuk mendukung kontroler layar sentuhnya, Microchip juga menawarkan perangkat tambahan seperti regulator low-dropout (LDO), mikrokontroler (MCU) 8-16-dan-32-bit, jaringan area pengendali (Controller Area Network – CAN), pengendali lapisan fisik (Physical Layer – PHY) CAN dan lainnya.

Alat Pengembangan

Pendukung software dari Microchip mencakup alat pengembangan maXTouch Studio dan alat pemeriksaan maXTouch Analyzer untuk pengujian lini produksi. Selain itu, pusat aplikasi dan pendukung Microchip memberikan dukungan bagi pelanggan berupa desain ultrawide di seluruh dunia, yang mencakup sistem dan simulasi/pengembangan sensor, integrasi dan system tuning. Hardware pengembangan dan dukungan teknis dapat diberikan atas permintaan.

BACA SELANJUTNYA

Stabil Usai Dihajar Sanksi AS, Industri Chip China Malah Terancam Terpukul oleh Hukuman Jepang