Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 26 April 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pengguna smartphone Android telah memiliki toko aplikasi Google Play Store yang menjadi andalan. Namun sayangnya masih saja ditemukan aplikasi berbahaya di sana.

Paling baru,perusahaan keamanan McAfee telah melaporkan temuan terbaru mereka. Yakni adanya delapan aplikasi Android berbahaya yang diduga mengandung malware di dalamnya.

Aplikasi berbahaya tersebut tidak hanya mencuri pesan teks, tapi juga melakukan pembelian tidak sah menggunakan uang pengguna.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (25/4/2021), McAfee mengatakan bahwa aplikasi yang terinfeksi malware ini menyamar sebagai editor foto, wallpaper, puzzle, skin keyboard, dan aplikasi terkait kamera.

Dalam halaman Google Play Store menunjukkan aplikasi berbahaya tersebut telah diinstall hingga 700.000 kali.

Untuk masuk ke Google Play Store, delapan aplikasi tersebut masuk dengan kondisi bersih. Setelah resmi masuk, pengembang kemudian mengirimkan beberapa pembaruan sekaligus menambahkan kode berbahaya ke dalam aplikasi.

McAfee menyebut malware berbahaya tersebut bernama Android/Etinu. Etinu ini mirip dengan jenis malware lain yang dikenal sebagai joker. Efeknya, Etinu ini akan membajak pesan teks dan melakukan pembelian tidak sah ketika korban melakukan pembayaran.

Aplikasi Google Play Store. (HiTekno.com)

Saat ini, Google telah menghapus delapan aplikasi yang diduga terinfeksi malware tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu apakah aplikasi berbahaya ini masih ada di smartphone anda atau tidak.

Meski begitu, perusahaan melalui tim McAfee Mobile Research akan terus memantau ancaman ini dan melindungi konsumen dengan menganalisis potensi malware. Mereka juga akan bekerja sama dengan toko aplikasi untuk menghapusnya.

Berikut delapan aplikasi berbahaya yang ditemukan di Google Play Store:

  1. com.studio.keypaper2021
  2. com.pip.editor.camera
  3. org.my.favorites.up.keypaper
  4. com.super.color.hairdryer
  5. com.ce1ab3.app.photo.editor
  6. com.hit.camera.pip
  7. com.daynight.keyboard.wallpaper
  8. com.super.star.ringtones

 

Itulah laporan terbaru dari McAfee Mobile Research, yang mendapati setidaknya delapan aplikasi berbahaya di Google Play Store. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Malware Jenis Baru Ini Bergerilya Curi Data Pengguna Ponsel, Bikin Ngeri