Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 27 April 2021 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung dikabarkan tengah menyiapkan sensor kamera dengan resolusi tinggi. Yakni Samsung ISOCELL versi baru diklaim sebagai sensor kamera 200 MP yang akan digunakan Xiaomi.

Menurut bocoran terbaru, Xiaomi akan menjadi pengguna pertama sensor kamera 200 MP dari Samsung ini.

Dilansir laman GSM Arena, Selasa (27/4/2021), leakers Digital Chat Station mengungkap bahwa meski tanpa kerangka waktu kapan hal itu mungkin terjadi.

Pembocor terkenal lainnya, Ice Universe, mengatakan bahwa sensor kamera 200 MP akan memiliki piksel 0,64 µm, yang terkecil.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa sensor akan memiliki format optik 1 / 1.37", jadi lebih kecil dari GN2 (1 / 1.12") dan ukurannya hampir sama dengan sensor 108MP terbaru, HM3 (1 / 1.33", 0.8 µm).

Info itu adalah bagian dari bocoran bahwa flagship ZTE Axon 30 akan menjadi yang pertama dengan sensor ini, jadi jelas itu tidak 100 persen akurat. Namun, setidaknya beberapa di antaranya tampaknya benar.

Bocoran ini juga mengklaim bahwa sensor tersebut akan mendukung 4-in-1 binning dengan resolusi output 50 MP dan ukuran piksel efektif 1,28µm.

Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Samsung)

Binning 16-in-1 (keluaran 12,5MP) juga disebutkan, tetapi kedengarannya kurang masuk akal.

Pemotongan sensor 108 MP saat ini memiliki kemampuan zoom digital asli 2x atau 3x lossless, tergantung pada konfigurasinya.

Sensor kamera 200 MP seharusnya bisa lebih tinggi dari itu dan mungkin merupakan akhir dari modul zoom jarak menengah khusus.

Sensor ini secara teknis akan memiliki resolusi yang cukup untuk video 16K (133MP), meskipun chipset pertama yang dapat memprosesnya masih membutuhkan waktu bertahun-tahun (chip teratas saat ini, bahkan tidak dapat melakukan 8K 60fps).

Bagaimanapun, sensor resolusi tinggi harus menggunakan piksel lebih kecil. Jika tidak, mereka akan menjadi cukup besar secara fisik, yang juga berarti modul kamera yang sangat tebal (dan sesuatu seperti Mi 11 Ultra sudah memiliki tonjolan kamera yang tebal dengan GN2 1 / 1.12" sensor).

Desain sensor yang lebih canggih, pixel binning, dan pemrosesan lebih baik akan mengimbangi kelemahan piksel lebih kecil.

Kita nantikan saja, HP Xiaomi apa yang akan menggunakan sensor kamera 200 MP dari Samsung ISOCELL tersebut? (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

HP Entry-Level Terbaru Xiaomi Indonesia, Cek Berapa Harga Redmi A3