Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 11 Mei 2021 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone dari Apple, iPhone memang terkenal keamanan dan perlindungan akan datanya. Juga memili fitur pelacakan jika perangkat ini hilang yang memudahkan pemilik menemukannya.

Fitur pelacakan ini siapa sangka malah dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan, namun caranya berbeda. Ia tidak menyadap iPhone korban, melainkan mamakai miliknya. 

Seperti seorang tersangka pembunuhan asal Florida, Amerika Serikat, mampu memanfaatkan iPhone untuk melacak korban hingga melancarkan askinya.

Pelaku melakukan pelacakan korbannya lalu melancarkan aksi perampokan hingga menghabisi nyawanya.

Menurut laporan Click Orlando, Senin (10/5/2021), kasus ini terjadi di sebuah pesta yang diadakan di North Hyer Avenue, Thornton Park, Florida, Amerika Serikat pada 19 Februari 20210 lalu.

Diketahui pria bernama Derrick Maurice Herlong telah membunuh seorang korban bernama Jacaris Rozier yang berusia 32 tahun.

Kejadian bermula ketika korban selesai belanja beberapa barang mewah dari sebuah mall di Millenia. Saat itu, tersangka kemudian meletakkan iPhone miliknya ke mobil korban untuk melacak dan merampoknya.

Usai berbelanja, korban kemudian pergi ke pom bensin selama lima menit. Setelahnya, korban langsung pergi ke sebuah pesta di Taman Thornton.

iPhone 12. (Apple)

Saat memasuki pesta, dua pria bertopeng berbekal senjata memaksa masuk. Keduanya juga memerintahkan semua orang di pesta untuk memberikan barang mereka ke perampok.

Catatan kepolisian menunjukkan bahwa tersangka meminta kunci Lexus milik Rozier sekaligus mencuri tas Christian Dior, rantai emas, dan dompet darinya.

Lalu salah satu tersangka melepaskan tembakan selama insiden perampokan yang kemudian menewaskan Rozier.

Meski pelaku berhasil kabur dengan mobil korban, barang-barang curian kemudian ditemukan oleh seorang supir truk derek. Ia melihat adanya tas nilon yang berisi magnet dan ada sebuah iPhone di dalamnya yang sebelumnya digunakan untuk melacak korban.

Catatan kepolisian juga menunjukkan adanya senapan AK-47 yang ditemukan dalam mobil Mercedes Herlong. Senjata ini cocok dengan deskripsi yang digunakan saat tragedi penembakan tersebut.

Tersangka pembunuhan kemudian ditangkap dan tengah menghadapi tuduhan perampokan invasi rumah dengan topeng dan senjata api, pembunuhan tingkat pertama dengan senjata api, pembajakan mobil dengan senjata api, dan pencurian besar-besaran.

Itulah kasus pelaku perampokan dan pembunuhan menggunakan iPhone sebagai alat pelacak korban. Cara yang tak biasa, beruntung sudah dibongkar pihak berwenang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Alasan Upgrade ke iPhone 15: Makin Kencang, Baterai Awet, dan Fiturnya Makin Canggih