Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 23 Mei 2021 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebanyak 100 aplikasi populer yang banyak mengurasi baterai ponsel dianalisis perusahaan penyimpanan cloud yang berbasis di Swis,  pCloud, 

Perusahaan penyimpanan cloud yang berbasis di Swiss, pCloud, menganalisis 100 aplikasi populer yang paling banyak menguras baterai ponsel.

Hasilnya, aplikasi yang membuat ponsel boros baterai adalah Fitbit dan Verizon lalu diikuti oleh Uber dan Skype.

Di posisi kelima diduduki aplikasi Facebook, Airbnb, dan platform live streaming Bigo Live yang umumnya menguras 82 persen baterai.

Daftar aplikasi 10 teratas yang paling banyak menguras pemakaian baterai juga mencakup Instagram, Tinder, dan Bumble.

Sementara itu, aplikasi media sosial seperti Snapchat dan WhatsApp menduduki urutan ke-11 dan 12, diikuti Zoom, YouTube, Booking.com, Amazon, dan Telegram yang setidaknya menguras pemakaian baterai 77 persen.

"93 persen pengguna smartphone mengaku menggunakan aplikasi setiap hari dan itu membuat baterai cepat boros. Kami ingin mengetahui aplikasi mana yang paling menguras baterai di ponsel, jadi kami melakukan penelitian ini," kata pCloud dalam sebuah posting blog.

Ilustrasi baterai ponsel boros. [Shutterstock]

pCloud juga mengungkapkan bahwa mode gelap (dark mode), memberi pengguna opsi untuk mengubah latar belakang antarmuka aplikasi agar lebih nyaman dilihat dan menghemat hingga 30 persen lebih banyak daya baterai di ponsel.

Baik Fitbit maupun Verizon diketahui mengizinkan 14 dari 16 fitur yang tersedia untuk berjalan di latar belakang, seperti kamera, lokasi, mikrofon, dan koneksi WiFi.

Sementara itu, menariknya Twitter tidak masuk dalam kategori 20 besar. Media sosial tersebut berada di urutan 25.

pCloud juga menganalisis aplikasi yang paling banyak menggunakan memori, berdasarkan rata-rata ponsel yang memiliki penyimpanan internal hingga 64GB dan sistem operasi yang kira-kira memakan 10GB.

Aplikasi United Airlines menjadi yang terburuk dalam kategori ini, diikuti oleh layanan Lyft dan Uber. Fitbit dan Facebook juga masuk lima besar untuk kategori ini.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (22/5/2021), secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi media sosial masih menjadi salah satu pembunuh ponsel terbesar dalam hal menguras baterai.

Ilustrasi media sosial (unsplash/@nate_dumlao)

Namun, ini juga menyoroti bahwa aplikasi kebugaran dan perjalanan bahkan lebih menuntut dalam penggunaan baterai HP dan memanfaatkan lebih banyak sistem penyimpanan. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif