Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 29 Mei 2021 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seiring berkembangnya teknologi, saat ini sejumlah negara telah mengadopsi teknologi jaringan 5G sebagai penunjang ekonomi digital di masa depan. Meski saat ini Indonesia masih menggunakan teknologi 4G, langkah persiapan jaringan 5G terus dilakukan oleh para pemangku kepentingan, termasuk OPPO.

Ada alasan mengapa Indonesia juga butuh 5G. Bukan hanya sekadar melengkapi jaringan seluler yang ada agar lebih cepat dalam mentransmisikan data melainkan juga untuk memberikan dampak besar untuk masyarakat. Hadirnya jaringan 5G memungkinkan optimalisasi perangkat Internet of Things (IoT) agar memudahkan masyarakat saling terhubung dengan teknologi.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate, salah satu operator seluler plat merah di tanah air sedang melakukan Uji Layak Operasi (ULO) jaringan 5G. Dalam uji kelayakan ini, jaringan 5G memerlukan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk menggelar jaringan 5G atau jaringan Band N40 atau 2300 MHz.

Dengan mengandalkan frekuensi tersebut, nantinya masyarakat dapat mengunduh video berdurasi 2 jam hanya dalam waktu beberapa detik saja. Bisa dikatakan teknologi 5G akan menjadi game changer bagi bangsa Indonesia. Tentunya ini akan berimbas pada produsen smartphone yang memiliki jaringan 5G. Jika mengacu pada jaringan Band N40 atau 2300 MHz tersebut, maka produsen smartphone OPPO sudah memilikinya pada perangkat seri OPPO Reno5 5G.

Oppo A74 5G. (Oppo Indonesia)

OPPO yang juga menegaskan posisinya sebagai penyedia perangkat mobile yang siap dalam menyongsong era jaringan 5G di Indonesia. Dimulai dari perangkat OPPO Reno5 5G, OPPO berupaya menghadirkan berbagai produk 5G berkualitas sehingga dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Apabila nantinya jaringan 5G ini sudah berjalan normal di Indonesia, maka konsumen akan semakin banyak menggunakan multi aplikasi seperti bermain game atau streaming secara bersamaan dengan perangkat smartphone.

Melihat hal ini, OPPO saat ini menyediakan teknologi Memory Expansion pada perangkat OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 5G. Memory expansion adalah teknologi terbaru pada perangkat OPPO tertentu yang memungkinan pengguna untuk mengubah sebagian penyimpanan internal (ROM) untuk menjadi RAM virtual.

Pengguna akan diberikan kebebasan untuk melakukan penyesuaian dengan tiga tingkatan besaran RAM virtual yang disediakan, mulai dari 2GB, 3GB hingga maksimal 5GB. Setelah opsi diaktifkan, maka besaran penyimpanan internal yang dipilih akan diubah menjadi RAM sebesar yang dimiliki oleh perangkat flagship.

Pemanfaatan RAM yang cukup tinggi ini dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna smartphone OPPO untuk bermain online game atau melakukan penyuntingan foto dan video. Fitur ini juga memberikan efek sistem operasi yang mulus ketika menjalankan multi aplikasi secara berbarengan.

BACA SELANJUTNYA

Harga Vivo Y100 5G Mulai dari Rp 3 Jutaan, Cek Apa yang Ditawarkan