Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 29 Juni 2021 | 17:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gunakan tujuh aplikasi edit foto terbaik yang bisa membuat potret dan postingan kamu di media sosial lebih menarik.

Memilih smartphone dengan kualitas baik adalah sebuah kewajiban. Sebagai alat komunikasi yang fungsinya makin bermacam-macam, smartphone yang punya fungsional baik adalah kunci. Fitur yang paling sering dicari dan digunakan dalam sebuah smartphone adalah kamera.

Pengguna smartphone biasanya memanfaatkan aplikasi tambahan untuk mempercantik foto yang dihasilkan. Sebab ada kalanya tidak semua hasil tangkapan kamera menghasilkan jepretan yang baik dan sesuai keinginan.

Seringkali terdapat noise pada foto. Misalnya, hasil jepretan yang tidak tajam atau ngeblur, di bawah kondisi cahaya gelap (low light), hasil terlalu gelap, bocor, dan sebagainya.

Padahal foto tersebut mungkin memiliki momen yang bagus dan tak mungkin diulang. Ada beragam aplikasi edit foto terbaik yang tersedia, baik untuk sistem operasi Android maupun iOS. Aplikasi edit foto terbaik ini banyak yang diberikan cuma-cuma kepada pengguna.

Berikut 7 aplikasi edit foto terbaik yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Snapseed

Snapseed. (Google Play Store)

Google Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto yang mudah digunakan di Android maupun iPhone. Aplikasi edit foto terbaik ini juga memiliki beragam fitur untuk para penggunanya. Fitur-fitur tersebut hampir lengkap dengan peningkatan warna, kontras otomatis, hingga pemotongan dan penajaman foto.

Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan sifat warna secara selektif sesuai keinginan pengguna. Aplikasi edit foto terbaik ini bisa diunduh gratis di Google Play Store atau di Apple App Store.

2. VSCO

Aplikasi edit foto VSCO. (PlayStore)

Aplikasi edit foto terbaik ini bisa menjadi salah satu aplikasi wajib untuk mempercantik foto. VSCO ibarat "toko serba ada" untuk pengeditan gambar di smartphone. VSCO memungkinkan kamu untuk memotret, kemudian mengubahnya dan menyesuaikannya sesuai keinginan.

Tak hanya itu, kamu juga dapat membukanya di seluruh perangkat, dan membagikannya kepada semua orang melalui media sosial. Kamu bahkan dapat menemukan fotografi asli terbaik dari pengguna VSCO lain melalui fitur Grid. Aplikasi ini juga gratis di Google Play dan App Store.

3. Adobe lightroom

Adobe Lightroom. (Google Play Store)

Kamu hanya perlu memilih kategori alat yang ingin digunakan untuk mengedit dan menyesuaikan tampilan foto itu sendiri. Selain itu aplikasi ini juga memiliki alat pemotong foto dan dapat mengubah gradient foto. Aplikasi edit foto terbaik ini dapat diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

4. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express. (Google Play Store)

Adobe Photoshop Express merupakan aplikasi edit foto dari Adobe yang sangat terkenal dengan fitur editing dan juga kemudahan pengoperasiannya. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit foto layaknya seorang profesional melalui smartphone saja.

5. PicsArt Photo Editor

PicsArt Photo Editor. (Google Play Store)

Dengan lebih dari 100 juta unduhan, PicsArt adalah salah satu aplikasi pengeditan foto favorit di tahun 2020. Alasan PicsArt begitu menonjol adalah karena banyaknya pilihan untuk menyesuaikan foto.

Muncul dengan fitur kamera built-in dan jejaring sosial untuk berbagi foto, fitur lainnya termasuk kolase, gambar, bingkai, stiker, dan lainnya. Aplikasi edit foto terbaik ini tersedia secara gratis.

6. Unfold

Unfold - Aplikasi untuk edit Insta Story. (Play Store)

Unfold didesain untuk pengguna Instagram yang kerap mengunggah momen di Snapgram, apalagi bagi pengguna yang memiliki ketertarikan pada editing foto yang artsy atau memiliki nilai seni.

Unfold menawarkan berbagai template yang artistik dengan ketersediaan font yang artsy. Pengguna juga dapat mengedit foto biasa atau video menjadi format GIF atau foto gerak singkat.

7. Prisma

Prisma Photo Editor. (Google Play Store)

Prisma menjadi sangat menarik bagi pengguna usai pertama kali kemunculannya pada 2016 silam. Konsepnya yang mampu mengubah foto biasa menjadi karikatur yang detail menjadikan Prisma memiliki banyak penggemar.

Prisma seolah hadir dalam balutan seni yang berbeda dari aplikasi editing foto lainnya. Beberapa efek artistik juga tersedia yang semakin menambahkan nilai artsy pada foto pengguna.

Itulah aplikasi edit foto terbaik yang dijamin bakal membuat foto-foto kamu jadi tambah kece layaknya selebgram. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

GrabCar Hadirkan Fitur Mode Hening, Perjalanan Lebih Tenang dan Minim Interaksi