Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 Juli 2021 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara cek IMEI iPhone penting diketahui untuk para pengguna Apple device. Hal ini untuk mengetahui apakah smartphone yang kamu gunakan asli atau hasil blackmarket. Di Indonesia, nomor IMEI juga dijadikan acuan untuk melihat apakah ponsel tersebut merupakan barang yang masuk lewat jalur resmi atau ilegal (BM).

Jika IMEI tidak terdaftar, ponsel terindikasi merupakan barang ilegal alias blackmarket, dan berpotensi diblokir dari layanan seluler di Indonesia.

Setiap smartphone yang dijual di pasaran memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang menjadi nomor identitas perangkat. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, nomor unik untuk identifikasi.

Dengan kata lain ini adalah kode produksi yang membedakan perangkat satu dan lainnya. Berikut cara cek IMEI iPhone yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau Palsu

IMEI sendiri adalah International Mobile Equipment Identity alias nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah gawai. Berikut Cara cek IMEI iPhone:

1. Cara Cek IMEI iPhone Periksa Bodi Belakang

Cara cek IMEI iPhone yang pertama ini sangat mudah kamu lakukan. Kamu tinggal cek bodi belakang iPhone yang akan kamu beli atau yang kamu miliki dan lihat IMEI-nya. Kamu bisa mengetahui iPhone tersebut resmi atau asli dengan melihat nomor IMEI tertera di body belakang handphone.

Jika di bagian bodi belakang iPhone tidak ada IMEI, besar kemungkinan barang tersebut palsu. iPhone yang memiliki IMEI di body belakang adalah iPhone 6s series sampai seri iPhone 12.

Namun, jika kamu memiliki seri iPhone 3G sampai dengan seri iPhone 6, IMEI terdapat di slot kartu SIM. Cara cek IMEI iPhone cukup buka slot kartu SIM dan cek IMEI yang ada tempat kartu SIM, nomor IMEI terukir di bagian belakangnya.

2. Cara Cek IMEI iPhone di Pengaturan

Pengaturan yang terdapat di HP iPhone memiliki fitur untuk mengecek IMEI. Kamu bisa melihat IMEI dengan membuka:

  • Settings > General > About This iPhone
  • Cara cek IMEI iPhone setelah itu, kamu dapat menemukan nomor identitas perangkat di kolom berjudul “IMEI.”

Jika nomor IMEI yang keluar sama seperti yang tertera di kardus HP, maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah resmi.

iPhone 11 Pro. (Apple)

3. Cara Cek IMEI iPhone dengan Kode USSD

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya, kamu juga bisa mengecek IMEI dengan menekan kode USSD *#06# di aplikasi dialer untuk mengecek IMEI iPhone. Ketika tanda pagar terakhir diketikkan, maka informasi nomor IMEI akan muncul di layar iPhone.

Selain itu, dua operator seluler di Indonesia, yaitu Telkomsel dan XL Axiata memberikan fitur USSD khusus untuk mengecek IMEI yang terdaftar dan kesesuaian dengan peraturan yang berlaku.

  • Tekan USSD *337*1# dari menu dial untuk Telkomsel
  • Tekan USSD *123*817# dari menu dial untuk XL

Kemudian akan muncul pesan “Terima kasih permintaan Anda sedang diproses.”

Jika IMEI ponsel sudah terdaftar, Toppers akan mendapat SMS berisi pesan “IMEI yang Anda gunakan saat ini sudah benar dan sesuai dengan peraturan berlaku.”

4. Cara Cek IMEI iPhone Akses via Finder dan iTunes

Apple juga memproduksi produk lain selain iPhone, seperti Mac, iPad, dan iPod. Jika kamu mempunyai MacBook, cara ini bisa kamu lakukan. Kamu bisa menemukan nomor seri handphone di Finder atau iTunes dengan cara berikut ini:

  • Sambungkan perangkat ke komputer.
  • Kamu bisa mengecek di Mac dengan mac OS Catalina 10.15 atau versi lebih baru, buka Finder. Di Mac dengan mac OS Mojave atau versi lebih lama, atau di PC, buka iTunes.
  • Temukan perangkat kamu. Di Finder, pastikan kamu berada di tab Umum. Di iTunes, klik tab Ringkasan untuk melihat informasinya.
  • Untuk iPhone, klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID. Untuk iPad (model seluler), klik Nomor Seri untuk menemukan CDN, IMEI/MEID, dan ICCID.

5. Cara cek IMEI iPhone Situs Kemenperin

Dengan cara cek IMEI iPhone ini, kamu akan mengetahui perangkat kamu produk BM (Black Market) atau resmi. Kamu cukup kunjungi laman resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan nomor IMEI perangkat tadi ke kolom “Cek IMEI”
  • Lalu klik simbol kaca pembesar
  • Jika keluar hasil “IMEI terdaftar di database Kemenperin,” maka dapat dipastikan perangkat yang kamu miliki adalah asli dan resmi.

Itulah lima cara cek IMEI iPhone untuk mengetahui asli atau BM.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Harga iPhone 11 Pro Max Sekarang, Masih Layak Beli?