Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 30 Juli 2021 | 15:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - AMD kembali meluncurkan kartu grafis baru yang mengincar kelas mainstream, gamer PC yang bermain dalam resolusi 1080p. Yakni AMD Radeon RX 6600 XT, kartu grafis yang dihadirkan dengan arsitektur RDNA 2.

Dengan arsitektur RDNA 2  ini, AMD Radeon RX 6600 XT juga hadir dengan beragam fitur dan teknologi baru yang ditujukan untuk mengoptimalkan performa gaming.

Kartu grafis baru AMD ini juga menawarkan Infinity Cache 32 MB, VRAM GDDR6 8 GB, AMD Smart Access Memory, dan fitur-fitur lainnya yang dihadirkan untuk memenuhi tuntutan game modern saat ini.

Selain itu juga mendukung solusi peningkatan spasial open-source AMD FidelityFX Super Resolution terbaru, yang dirancang untuk meningkatkan framerate dan menghadirkan pengalaman gaming resolusi tinggi dan berkualitas.

AMD mengklaim kartu grafis ini memiliki performa rata-rata hingga 15 persen lebih tinggi dengan pengaturan maksimal di game AAA tertentu dibandingkan dengan kompetitornya.

Kartu grafis ini juga mengklaim memberikan rata-rata 125 FPS di berbagai judul AAA modern, sehingga mendorong peningkatan performa 1080p dengan tingat refresh tinggi dan ketajaman visual.

"1080p telah lama menjadi resolusi paling populer untuk game PC, dan pada tahun 2020 lebih dari dua pertiga monitor gaming yang ada di pasaran menggunakan resolusi ini," kata Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit, AMD.

"Namun, kartu grafis 1080p generasi lama yang paling populer dapat mencapai 60 FPS di game modern. Radeon RX 6600 XT meningkatkan standar untuk gaming dengan resolusi1080p. Ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman gaming 1080p terbaik untuk seluruh gamer, menawarkan performa hebat dan fitur-fitur canggih untuk membawa keindahan visual yang kompleks menjadi seperti hidup dan nyata." lanjutnya.

Performa Game 1080p

Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT dari MSI. (AMD)

Untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih baik di resolusi 1080p, AMD Radeon RX 6600 XT dilengkapi sederet fitur ini:

AMD FidelityFX – Sekarang didukung oleh 50 judul dan engine game, memberikan performa rata-rata 2,4X lebih tinggi dalam mode "Performance" pada 4K di seluruh judul tertentu dibandingkan dengan resolusi asli.

AMD Smart Access Memory – Menawarkan performa yang lebih tinggi saat mengkombinasikan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series dengan AMD Ryzen 5000 atau memilih Prosesor Desktop Ryzen 3000 Series dan motherboard AMD 500-series. Memberikan

AMD Infinity Cache – 32 MB cache data tingkat terakhir yang terintegrasi pada GPU die mengurangi latensi dan konsumsi daya untuk memungkinkan performa game yang lebih tinggi dari desain arsitektur tradisional.

DirectX 12 Ultimate Support – Memungkinkan game memberikan visual menakjubkan dengan DirectX Raytracing (DXR), Variable Rate Shading, dan fitur canggih lainnya, sehingga meningkatkan game ke level nyata yang baru.

AMD Radeon Anti-Lag – Membantu mengurangi waktu respons input-to-display, membuat game menjadi lebih responsif dan menawarkan keunggulan kompetitif dalam gameplay.

AMD Radeon Boost – AMD Radeon Boost dengan dukungan untuk Variable Rate Shading dapat memberikan peningkatan performa , meningkatkan framerate dan fluiditas, serta meningkatkan responsivitas tanpa mempengaruhi persepsi pada kualitas gambar.

Harga dan Ketersediaan

Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT dari Asus. (AMD)

Kartu grafis AMD Radeon RX 6600 XT diharapkan akan tersedia dari partner AMD termasuk ASRock, ASUS, BIOSTAR, Gigabyte, MSI, PowerColor, SAPPHIRE, XFX dan Yeston di etailers/retailers global mulai 11 Agustus 2021, dengan SEP 379 dolar AS. Sistem pre-built dari OEM dan integrator sistem diharapkan akan tersedia mulai Agustus 2021.

Belum diketahui kapan dan berapa harga AMD Radeon RX 6600 XT yang dihadirkan para partner produsen kartu grafis ini di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090, Hadir dengan Pendingin Logam Cair