Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 01 Agustus 2021 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama ini pada umumnya untuk login di HP Android menggunkan akun Google. Namun ternyata nantinya sistem operasi lama Android tidak lagi bisa menggunakan.

Nantinya mulai September 2021, pengguna HP Android lawas versi Android Gingerbread atau versi 2.3.7 ke bawah tidak lagi dapat dukungan akun Google.

Dalam email yang dikirim ke pengguna, perusahaan mengumumkan bahwa akun Google mereka tidak lagi bisa masuk.

Adapun sistem operasi ini mulai dari Android 1.0, 1.1, 1.5 (cupcake), 1.6 (Donut), 2.0 Eclair, 2.2 Froyo, dan 2.3 Gingerbread.

Pemutusan akses ini mencakup dukungan di sistem hingga aplikasi. Namun akun masih bisa mengunjungi Google Search, Gmail, Drive, dan browser (yang saat itu belum diubah menjadi Chrome).

Ilustrasi Android. (pixabay/andrekheren)

Dikutip dari 9to5Google, Minggu (1/8/2021), Google mengatakan pemutusan akses ini agar membantu melindungi keamanan akun pengguna. Dengan begitu, pada 27 September, akun mereka akan dikeluarkan otomatis dari perangkat dan hanya bisa menikmati layanan dari browser.

Meski begitu, Android 3.0 Honeycomb atau lebih tinggi masih bisa mengakses layanan akun Google. Akan tetapi, perubahan ini diperkirakan hanya berpengaruh ke sebagian kecil pengguna, terutama kolektor ponsel.

Sebagai informasi, Gingerbread adalah sistem operasi Android versi 2.3 hingga 2.3.7. Sistem operasi ini telah dirilis pada Desember 2010.

Di sisi lain, Google telah mengumumkan layanan Google Play akan berhenti diperbarui untuk Android Jelly Bean (versi 4.1 sampai 4.3) mulai bulan depan.

Untuk kamu yang masih menggunakan sistem operasi Android Gingerbread atau versi 2.3.7 ke bawah, segera update HP Android kamu untuk bisa login menggunakan akun Google. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Walau Sepi Peminat, Sony Tetap Pede Jualan Smartphone