Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 16 Agustus 2021 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selain memproduksi smartphone atau ponsel cerdas sebagai produk utama, Oppo memiliki serangkaian produk IoT (Internet of Things) seperti audio, wearables, dan routers. Hal ini tak lain karena OPPO bukan sekadar perusahaan pembuat ponsel semata, namun telah menjelma sebagai perusahaan teknologi yang mendukung kebutuhan gaya hidup modern.

Khusus untuk IoT di kategori audio, OPPO telah memasarkan produk headphone pertamanya, MP3 X3 pada 15 tahun silam. Kini, OPPO terus mengembangkan sejumlah produk wireless earphone mulai yang berjenis earbuds atau true wireless stereo (TWS). 

Beberapa pilihan earphone OPPO tersedia dengan harga yang terjangkau hingga yang premium, seperti OPPO Enco Q1, OPPO Enco M31, OPPO Enco W11, OPPO Enco W31, OPPO Enco W51, OPPO Enco Free, OPPO Enco Air, OPPO Enco Buds, OPPO Enco Free2, dan OPPO Enco X. Masing-masing earphone tersebut memiliki harga mulai dari 600 ribuan hingga 2,2 jutaan rupiah, serta kelebihan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Beda Earbuds dan TWS

Tips memilih perangkat Oppo dan Earphone. (Oppo)

Earbuds merupakan perangkat earphone yang dirancang untuk muat ke dalam lubang telinga. Kalau digunakan dalam waktu lama perangkat ini bisa membuat telinga kamu sakit, karena bodi plastik earbuds langsung bersentuhan dengan kulit. Awalnya, model ini masih memakai kabel (wired) namun lantas berkembang menjadi perangkat lebih canggih tanpa kabel (wireless). Sebagian besar wireless earbuds yang ada saat ini juga tidak lagi menimbulkan masalah 'tidak nyaman di telinga'.

Sementara itu, TWS hadir sebagai bagian dari perkembangan dari era earphone nirkabel yang hanya membutuhkan koneksi Bluetooth 5.0. Koneksi audio ini bisa menghubungkan gelombang suara dari smartphone atau laptop ke perangkat earphone dengan minim delay dan real stereo. Pada earphone yang sudah menggunakan teknologi TWS, speaker kiri dan kanan dapat berfungsi secara independen sekaligus juga dapat digunakan bersamaan.

Mencocokkan Ponsel dan Earphone OPPO

Buat kamu yang ingin membeli perangkat wireless earphone, bisa memanfaatkan promo bundling perangkat smartphone dan TWS yang digelar oleh OPPO. Yang terbaru, kamu bisa memilih OPPO Enco Buds sebagai partner hiburan nonstop karena kemampuannya selama 24 jam pemakaian hanya sekali pengisian baterai. Kamu dapat memakai OPPO Enco Buds selama 6 jam tanpa henti, lalu menaruh kembali ke case agar daya baterai terisi ulang. Hanya butuh 15 menit charging maka Enco Buds bisa dipakai mendengarkan musik selama satu jam. 

OPPO Enco Buds telah mendukung Bluetooth 5.2 yang bisa mewujudkan pengalaman koneksi audio yang lebih stabil. Kamu bisa menggunakan satu atau kedua sisi earphone sesuka hati. Perangkat IoT ini cukup diketuk tiga kali untuk mengaktifkan Mode Game latensi super-rendah 80ms³. Dengan algoritma cerdas berbasis model Deep Neural Network (DNN), suara akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan sekitar selama panggilan. Kamu akan tetap dapat mendengar suara orang-orang favorit Anda di saluran lain meskipun saat terhubung masih berada di tengah keramaian.

OPPO Enco Buds memiliki peringkat tahan air IP54 untuk tahan terhadap hujan ringan dan latihan yang berat. Desainnya dirancang ergonomis dengan berat hanya 4 gram untuk masing-masing earbud dan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda. Perangkat ini dapat dikoneksikan dengan ponsel OPPO berbasis ColorOS 11.

Selain Enco Buds, kamu juga memiliki pilihan lain yakni OPPO Enco Air. Perangkat TWS ini tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih, dengan desain Semi in-Ear yang ergonomis karena menempel pas di lekukan telinga. Baterai OPPO Enco Air bisa diisi secara cepat, hanya perlu waktu 10 menit pengecasan untuk memberikan 8 jam audio berkualitas tinggi. Ketika baterai terisi penuh, Enco Air dapat digunakan selama 4 jam untuk mendengarkan musik.

OPPO Enco Air juga dilengkapi dengan teknologi audio binaural berbasis DNN yang bisa mereproduksi suara manusia seperti suara langsung.  Selain itu, Enco Air juga cocok untuk menemani game karena adanya transmisi 80 ms ultra rendah dalam Mode Game. TWS ini juga telah dibekali generasi baru Bluetooth 5.2 yangmemiliki jangkauan 10 meter. Earphone ini memiliki sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap air dan debu sehingga cocok digunakan saat berolahraga.

Setelah dipasangkan, baik OPPO Enco Buds dan OPPO Enco Air bisa langsung terhubung ke perangkat smartphone segera setelah kamu membuka casing atau wadahnya. OPPO Enco Buds sepertinya lebih cocok untuk Reno Series, sementara Enco Air menjadi paduan yang tepat untuk smartphone A Series. Nah, kini kamu punya banyak pilihan earphone yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

BACA SELANJUTNYA

3 Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy M34 5G untuk Content Creator