Selasa, 16 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 20 Agustus 2021 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Paten Oppo yang mengusung fitur inovatif diketahui sudah memperoleh persetujuan dari otoritas resmi China. Fitur yang dinamakan "Screen Sound" ini diharapkan dapat menjadi alternatif speaker mobile konvensional.

Secara rinci, paten yang diajukan oleh Oppo Guangdong Mobile Communications bernama "Screen Sounding Method, Device, Electronic Device, and Storage Medium".

Pengajuan paten tersebut memiliki nomor CN109062536B. Dokumen sebenarnya diajukan pada 27 Juli 2018, namun baru mendapatkan persetujuan dari Kantor Paten China pada 17 Agustus 2021.

Halaman paten menggambarkannya sebagai metode, perangkat, perangkat elektronik, dan media penyimpanan untuk screen sounding. Itu berkaitan dengan bidang teknis perangkat elektronik.

Dilansir dari Gizmochina, perangkat elektronik ini meliputi sebuah layar yang mampu bergetar dan berbunyi serta sebuah exciter untuk menggerakkan layar. Getaran untuk menggerakkan layar tersebut dapat menghasilkan suara.

Desain Paten ''Screen Sound'' dari Oppo. (Gizmochina)

Layar menampilkan beberapa area penghasil suara yang masing-masing digerakkan oleh exciter berbeda. Pada dasarnya, ini adalah metode produksi suara menggunakan layar dan tanpa mengandalkan perangkat penghasil suara seperti speaker.

Paten kemungkinan merupakan bagian dari langkah perusahaan agar mereka dapat membuat smartphone dalam bentuk tertipisnya.

Mengingat hal tersebut masih sebatas paten, teknologi bisa berakhir dalam bentuk prototipe atau mungkin bernasib baik sehingga meluncur secara komersial di masa depan.

Ini bukan pertama kalinya Oppo mengajukan paten dengan inovasi unik. Perusahaan beberapa waktu lalu telah mendaftarkan nomor paten CN110298944B di situs resmi China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Daftar di CNIPA menjelaskan terkait "Venous Unlocking Method and Vein Unlocking Device". Sesuai deskripsi, paten tersebut menawarkan teknologi "pembuka kunci vena".

Dengan kata lain, sistem biometrik ini mirip pengenalan wajah atau pemindaian sidik jari namun ia akan memetakan pembuluh darah di tangan pengguna.

Teknologi tersebut sangat mirip dengan sistem Hand ID yang dimiliki LG. Itu memungkinkan sensor dapat memetakan ketebalan dan karakteristik pembuluh darah pengguna untuk membuka kunci perangkat. Paten Screen Sound dan Venous Unlocking Method menjadi bukti bahwa Oppo cukup berambisi dalam menghadirkan fitur unik smartphone di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold5, Resmi di Indonesia