Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 13 September 2021 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple mengeluarkan peringatan kepada pengguna yang menyebutkan kalau getaran sepeda motor bertenaga tinggi bisa merusak kamera iPhone.

Bahkan dalam peringatan tersebut, kerusakan ini bisa bersifat permanen pada kamera iPhone.

"Mesin sepeda motor berdaya tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis dan setang," ujar Apple dalam laman Support, dikutip dari Gizmochina, Minggu (12/9/2021).

Tidak disarankan untuk memasang iPhone Anda ke sepeda motor dengan mesin berdaya tinggi.

Biasanya, banyak pengguna iPhone yang memasangkan ponselnya di setang sepeda motor. Ini difungsikan agar iPhone mereka bisa menunjukkan arah saat berkendara.

Apple menyebut, getaran tinggi di motor tersebut dapat merusak fitur kamera iPhone, khususnya di optical image stabilizer (OIS) dan closed-loop autofocus (AF).

OIS di iPhone berfungsi untuk memfokuskan objek saat kamera bergerak.

Apple iPhone 12 Pro Max. (Apple)

Jadi saat pengguna tidak sengaja mengambil gambar tapi ponselnya goyang, maka OIS bertugas untuk mengunci objek kamera yang dibidik.

Sementara closed-loop autofocus berguna untuk menetapkan fokus pada subjek foto agar tidak bergerak, begitu juga untuk video dan panorama.

Apple mengatakan paparan langsung jangka panjang terhadap getaran dalam rentang frekuensi tertentu, dapat menurunkan kinerja sistem ini dan menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video.

Namun, Apple juga menyebutkan kalau kendaraan bermotor dengan getaran yang relatif rendah seperti skuter tidak akan terlalu berefek.

Perusahaan juga mengimbau agar menggunakan peredam getaran apabila terpaksa menempelkan iPhone di motor.

Itulah laporan terbaru yang menyebutkan kalau Apple memberikan peringatan kepada pengguna kalau getaran sepeda motor bertenaga tinggi bisa merusak kamera iPhone. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Android Lebih Ribet Dibanding iOS? Riset Menunjukkan Sebaliknya