Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari HP Samsung Lipat Terbaru untuk 2021 ini? Samsung selalu memperkenalkan smartphone canggih dan modern di berbagai segmen. Mulai dari ponsel segmen low-end hingga flagship, semuanya tersedia untuk dibeli oleh konsumen.

Beberapa tahun terakhir Samsung mencoba peruntungan baru dengan mengeluarkan HP lipat. Setelah sukses dengan Samsung Galaxy Z Flip dan Z Fold, kini Samsung merilis Galaxy Z Flip 3 dan Z Fold 3.

Samsung Galaxy Z Flip 3 telah dikenalkan ke Tanah Air pada 9 September lalu. Berdasarkan laporan dari Display Supply Chain Consultants (DSCC), Galaxy Z Flip 3 diprediksi menjadi HP layar lipat terlaris di tahun ini.

Riset dari DSCC menyatakan bahwa sebanyak 819 ribu HP layar lipat telah terjual pada kuartal kedua 2021. Angka tersebut naik 147 persen secara kuartal berurutan namun hanya bertambah 0,3 persen secara YoY.

Smartphone flagship milik Samsung ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Namun itu semua sebanding dengan spesifikasi dan teknologi yang ditawar oleh vendor asal Korea Selatan ini.

Berikut HP Samsung lipat terbaru yang HiTekno.com rekomendasikan untuk kamu.

1. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Desain Samsung Galaxy Z Fold3. (Samsung)

Hadir pada Agustus 2021 adalah Samsung Galaxy Z Fold3 5G, memiliki dapur pacu serta ketahanan bodi yang meningkat dibanding Z Fold 2. Mengandalkan Snapdragon 888 dengan dukungan RAM 12GB LPDDR5, niscaya semua game Android bisa dilahap HP Samsung lipat terbaru ini tanpa kecuali.

Samsung juga menyematkan bahan material khusus pada layarnya, membuat layar menjadi 50% lebih tipis ketimbang Galaxy Z Fold2  dan ini membuatnya jadi lebih mudah ditekuk dan dibuka tanpa cepat rusak. HP Samsung lipat terbaru ini juga dibekali lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya tahan sekalipun sudah terjatuh ke permukaan beton dari ketinggian mencapai 2 meter.

Tak hanya layarnya saja yang aman dari retak, HP Samsung lipat terbaru ini juga kedapatan sertifikasi IPX8 yang menjadikannya tahan meski berada di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Jika kamu memiliki router yang kompatibel dengan WiFi 6E, kamu bisa gunakan koneksi tersebut pada Galaxy Z Fold3.

Dengan gunakan band WiFi 6 GHz, Anda pun akan merasakan koneksi internet yang jauh lebih cepat, stabil, dengan ping yang begitu rendah untuk memaksimalkan pengalaman main game online.

2. Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)

Sama-sama punya inovasi HP lipat, Flip 3 ini agak berbeda dengan Fold 3. Jika Fold3 adalah ponsel yang bisa di-"unfold" agar layarnya sebesar tablet. Flip 3 justru ponsel yang di-"fold" agar ukurannya menjadi lebih compact. Seperti Fold 3, HP Samsung lipat terbaru ini juga turut dihadirkan dengan beberapa peningkatan dibanding Galaxy Z Fold generasi pertama.

Layar cover ini bisa kamu gunakan saat hendak melakukan selfie menggunakan kamera belakang, atau sekadar menggunakannya sebagai cermin. Selain itu, berfungsi juga untuk hadirkan beragam notifikasi, isi pesan, serta kontrol media untuk aplikasi pemutar musik.

Dapur pacunya yang didukung oleh Snapdragon 888 memastikan penggunaan yang lancar tanpa lag, sekalipun memainkan game seberat Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi.

HP Samsung lipat terbaru yang mungil ini akan mudah masuk ke kantong ataupun clutches, hanya memiliki panjang dan lebar 86,4 x 72.2 mm saja saat ditutup. HP Samsung lipat terbaru ini hadir dengan IPX8 IP Rating turut hadir sebagai salah satu kelebihan ponsel lipat yang compact ini. Galaxy Z Flip 3 hanya dibekali Gorilla Glass 6 ketimbang Victus seperti Galaxy Z Fold3.

3. Samsung Galaxy Z Fold2 5G

Samsung Galaxy Z Fold2. (Samsung)

Dengan balutan chipset tercanggih, laju penyegaran 120 Hz pada layarnya, dan ukuran layar yang yang besar pada saat waktu dibuka dan dilipat, membuat siapapun yang menyaksikan Galaxy Z Fold 2 ini berdecak kagum.

Layar: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inches
Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
GPU: Adreno 650
RAM: 12 GB RAM
Memori Internal: 256 GB, 512 GB
Memori Eksternal: -
Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP + 12 MP
Kamera Depan: 10 MP + 10 MP
Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh battery

4. Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)

Samsung Galaxy Z Flip adalah ponsel lipat Samsung yang sangat canggih yang dirilis pada tahun 2020. Secara spesifikasi, Samsung Galaxy Z Flip berada di bawah keluarga Samsung Galaxy S20.

Parameter yang ditawarkan HP ini memang ada di kelas atas. Namun perangkat ini menawarkan gaya dan nilai prestise yang lebih tinggi dibanding HP kelas atas yang ada.

Layar: Foldable Dynamic AMOLED, 6.7 inches
Chipset: Snapdragon 855+ (7 nm)
CPU: Octa-core (1x2.95 GHz Kryo 485 & 3x2.41 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
GPU: Adreno 640 (700 MHz)
RAM: 8 GB
Memori Internal: 256 GB
Memori Eksternal: -
Kamera Belakang: Dual 12 MP + 12 MP
Kamera Depan: 10 MP
Baterai: Non-removable Li-Po 3300 mAh

5. Samsung Galaxy Fold

Smartphone lipat Samsung Galaxy Fold. (Samsung)

HP Samsung lipat terbaru ini mengusung tampilan yang sangat elegan dan akan membuat siapa saja yang melihatnya terkesima. HP Samsung lipat terbaru ini mengusung layar sebesar 7.3 inci dengan panel Dynamic AMOLED sehingga layarnya memiliki tampilan super jernih dengan warna yang tajam.

Tidak hanya memiliki layar di bagian dalamnya saja, di bagian depan, Samsung Galaxy Fold punya layar yang tetap aktif bila HP dilipat. Jika dilipat Samsung Galaxy Fold dapat berfungsi sebagai ponsel, sementara jika tak dilipat, fungsinya dapat berubah layaknya tablet.

Di sektor kamera, HP yang ditenagai chipset Snapdragon 855 ini punya total enam kamera. Tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari lensa wide berukuran 12 MP, satu lensa telefoto berukuran 12 MP dan satu lagi lensa ultra wide berukuran 16 MP.

Sementara untuk kamera selfie di layar bagian dalamnya, dilengkapi lensa berukuran 10 MP dan 8 MP. Satu lensa berukuran 10 MP terletak di bagian cover depan perangkat ini. HP dengan RAM 12GB ini cocok untuk kamu yang membutuhkan HP canggih dengan desain unik, mewah serta futuristik yang memiliki performa super kencang. 

Itulah dereta HP Samsung lipat terbaru yang menjadi pilihan menarik.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Update Software Samsung Galaxy S24 Series, Hadirkan Pengalaman Display Vivid yang Makin Optimal