Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi diketahui telah berinvestasi dalam jumlah besar pada bisnis kendaraan listrik. Petinggi perusahaan baru saja mengumumkan bahwa mereka siap memproduksi mobil pada 2024 mendatang.

Pernyataan ini datang pada acara investor yang kemudian dikonfirmasi oleh perusahaan. Lei Jun, Chief Executive dan Founder Xiaomi, telah menyatakan bahwa perusahaan berencana memulai produksi massal mobil Xiaomi pada paruh pertama 2024.

Zang Ziyuan, seorang direktur di departemen pemasaran internasional Xiaomi juga membagikan berita tersebut di akun Weibo resminya (situs web microblogging China).

Laporan dari Reuteurs, saham Xiaomi diketahui turut melonjak 5,4 persen menjadi HK$22,50. Ini adalah kenaikan harian terbesar sejak 12 Mei 2021. Xiaomi telah berinvestasi sangat banyak untuk membuat kendaraan listrik berikut ekosistemnya.

Tak hanya itu, Xiaomi dikabarkan melakukan perekrutan besar-besaran sebagai komitmen mereka di industri mobil. Kembali pada Maret lalu, perusahaan membuka lowongan untuk beberapa posisi tertentu seperti Data Platform, Vehicle-Mounted Infrastructure, Decision & Planning, Front-End Development, High-Precision Maps, Simulation, dan masih banyak lagi.

Lei Jun, CEO Xiaomi memperkenalkan logo baru Xiaomi. (Xiaomi Indonesia)

Dikutip dari Gizmochina, perusahaan telah mendirikan anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya untuk mengerjakan kendaraan listrik dan bisnis terkait.

Ambisi Xiaomi dalam terjun pada bisnis kendaraan listrik kemungkinan merupakan jawaban perusahaan untuk berkompetisi dengan Apple dan Huawei.

Mobil listrik Baojun E300. Xiaomi terlibat dalam proses pengembangan mobil ini bersama Wuling. (YouTube/ FromXiaomi)

Xiaomi berkomitmen mengucurkan dana sekitar 10 miliar dolar AS atau Rp 141 triliun terkait bisnis kendaraan listrik dalam 10 tahun ke depan. Pada bulan Agustus, Xiaomi juga telah menyelesaikan pendaftaran bisnis untuk unit kendaraan listriknya.

Masih belum diketahui apakah mereka akan bermitra dengan merek mobil yang sudah mapan atau akan memproduksi mobil ini sendiri.

Kita juga belum mengetahui terkait spesifikasi mobil yang akan ada di bawah merek Xiaomi. Namun apabila perusahaan mengembangkan perangkat lunak khusus, cukup menarik menantikan mobil yang tergabung dalam ekosistem Xiaomi.

BACA SELANJUTNYA

Bersama Xiaomi 14, Dihadirkan Juga Xiaomi Watch S3, Xiaomi Watch 2, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia