Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 02 November 2021 | 13:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google resmi mengumumkan Android 12L sebagai sistem operasi mobile khusus untuk sejumlah perangkat. Sistem yang hadir setelah resmi meluncurkan Android 12 belum lama ini.

Android 12L sendiri dibuat khusus untuk perangkat layar yang yang lebih besar. Disiapkan untuk tablet, HP layar lipat bahkan perangkat ChromeOS.

Mengutip GSM Arena, Senin (1/11/2021), huruf L dimaksudkan sebagai large screen atau layar besar. Android 12L ini akan dipakai di perangkat seperti tablet, layar lipat, hingga perangkat ChromeOS.

Sistem operasi Android 12L dijanjikan tersedia tahun depan. Pengujian beta akan segera tersedia di perangkat seperti Lenovo Tab P12 Pro.

Google mengklaim saat ini ada 250 juta tablet, perangkat HP layar lipat, dan perangkat ChromeOS yang sudah menjalankan Android. Dengan alasan ini, Google meluncurkan sistem operasi Android 12L untuk tiga perangkat tersebut.

Sistem operasi Android 12L dibuat khusus untuk perangkat layar besar. (Android)

Nantinya tampilan antarmuka (UI) akan disesuaikan dengan ukuran layar. Penyesuaian ini mencakup berbagai fitur seperti notifikasi, quick settings, lockscreen, home screen, dan lainnya.

Untuk multitasking, Android 12L akan memiliki taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi lebih cepat. Kemudian fitur split screen juga lebih mudah ditemukan.

Google turut meminta pengembang untuk memperbarui aplikasi mereka agar bisa bisa lebih mudah beradaptasi dengan berbagai ukuran layar Android.

Perusahaan mengkategorikan ukuran compact yang dipakai di smartphone, medium untuk perangkat layar lipat dan tablet kecil, lalu Expanded yang dipakai di tablet dalam mode landscape maupun komputer.

Selain itu, Google juga akan memperingatkan pengguna jika masih ada aplikasi di Play Store yang belum dioptimalkan untuk perangkat layar besar. Lalu bakal ada daftar peringkat aplikasi (app rating) khusus layar besar mulai tahun depan di Play Store.

Kita nantikan saja sampai Android 12L ini meluncur. Sistem operasi Android 12 khusus yang disiapkan untuk perangkat layar lebar seperti tablet, HP layar lipat hingga perangkat ChromeOS. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Resmi Rilis, Harga Advan Sketsa 3 cuma Rp 1.999.000 Saja