Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 02 November 2021 | 21:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Firma riset Canalys baru saja merilis laporan terkait perkembangan pasar tablet global di kuartal ketiga (Q3) 2021. Berdasarkan laporan tersebut, pengiriman tablet turun 15 persen di Q3 2021 dibanding Q3 2020.

Jumlah tablet yang dikirimkan selama periode Juli-September 2021 sebesar 37,77 juta unit. Angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan jumlah pengiriman tablet tahun lalu yang sebesar 44,3 juta unit.

Apple masih mendominasi pasar dengan 15,2 juta pengiriman selama periode tersebut. Dilansir dari GSMArena, 15,2 juta pengiriman membuat Apple mendominasi pangsa pasar tablet global dengan angka 40,4 persen.

Samsung berada di tempat kedua dengan 7,2 juta pengiriman tablet dan pangsa pasar 19,1 persen. Posisi ketiga ditempati oleh Lenovo dengan pengiriman 4,3 juta unit dan pangsa pasar 11,3 persen.

Amazon (2,8 juta) dan Huawei (2,5 juta) berada dalam lima besar penguasa pasar tablet secara global. Kedua perusahaan itu tercatat mengalami pengurangan pangsa pasar yang signifikan setiap tahun dengan Amazon kehilangan 44,5 poin persentase dari penguasaan pasar sementara Huawei kehilangan 50,9 poin persentase.

Lima besar merek yang menguasai pasar tablet global selama Q3 2021. (Canalys)

Melihat basis per wilayah, semua wilayah utama selain Asia Pasifik mengalami penurunan pengiriman tablet. APAC mengalami kenaikan pengiriman sebesar 23 persen selama kuartal ketiga 2021.

"Setelah lima kuartal pertumbuhan berturut-turut, semua wilayah kecuali Asia Pasifik mengalami penurunan pengiriman. Di sebagian besar dunia, permintaan konsumen untuk mendukung fungsi pendidikan dasar pada anak telah melambat dibanding dengan puncak ketika pandemi. Namun karena kesenjangan penetrasi perangkat yang besar di APAC dan preferensi kawasan untuk tablet sebagai alat pembelajaran, permintaan diperkirakan akan bertahan hingga awal tahun depan," kata analis Canalys Himani Mukka.

Perkembangan pasar tablet di berbagai wilayah selama Q3 2021. (Canalys)

Pasar tablet di Eropa dan Amerika Utara mengalami penurun signifikan sebesar 27 persen dan 24 persen. Canalys mengungkap bahwa semua pasar kecuali APAC memiliki permintaan tablet yang rendah selama kuartal ketiga 2021.

BACA SELANJUTNYA

Huawei MatePad Air Resmi Rilis, Berapa Harga Tablet Rasa Laptop Ini