Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 26 November 2021 | 14:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung resmi mengumumkan peluncuran One UI 4 untuk sejumlah perangkat mereka. Apa saja yang baru dari update One UI 4 ini?

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan update One UI 4 akan hadir untuk pertama kali pada perangkat Samsung Galaxy S21 series. Termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra, mulai 15 November 2021.

Pembaruan ini memberikan opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem Samsung yang terus berkembang, One UI 4 menghadirkan pengalaman mobile yang lebih canggih, membuat pengguna memegang kendali penuh.

"Kami berkomitmen untuk memberikan semua orang akses ke pengalaman mobile terbaik, sesegera mungkin," kata Janghyun Yoon, Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics dalam rilis yang diterima HiTekno.com.

"One UI 4 memenuhi janji tersebut, melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru. Tapi kami tidak akan berhenti di situ. Segera, pengguna smartphone dan tablet lainnya juga akan dapat memanfaatkan pembaruan perangkat lunak ini, memperoleh pengalaman yang lebih mulus di seluruh ekosistem kami." imbuhnya.

Samsung One UI 4 - New Home Screen & Widget. (Samsung)

Galaxy kamu, Gaya kamu

Update One UI 4 memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman mobile yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik dan mengekspresikan kepribadian masing-masing. Dengan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih, kamu dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

Singkatnya, user Interface One UI menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan. Dengan One UI 4, kamu akan mendapatkan opsi penyesuaian di setiap kesempatan. Dengan widget yang dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail, mengekspresikan signature style kamu di smartphone menjadi sangat mudah.

Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam — mulai dari visibilitas hingga tampilan. Kamu pun dapat meletakkan widget penting di Lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Kamu juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan kamu untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

Jika satu emoji masih kurang, kamu juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan kamu saat itu. Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard kamu.

Samsung One UI 4 - Privacy Control. (Samsung)

Lindungi Hal yang Paling Penting

Tidak ada privasi tanpa keamanan yang kuat. Oleh karena itu, dengan Samsung One UI 4, Samsung menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru, sehingga kamu dapat memilih apa saja yang ingin kamu bagikan atau rahasiakan.

Dengan One UI 4, memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, mulai dari memberikan peringatan untuk kamu hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon kamu, hingga dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol kamu ke satu tempat yang nyaman dipantau.

Contohnya, dari dashboard ini kamu dapat langsung memblokir sementara akses kamera dan mikrofon ke semua aplikasi.

Samsung One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir. Kamu juga dapat memeriksa penggunaan data saat ini dari hal-hal yang kamu izinkan dan aplikasi yang kamu gunakan.

Samsung One UI 4 - GoogleDuo. (Samsung)

Menghubungkan Kamu ke Ekosistem yang Lebih Luas

Samsung One UI 4 membantu kamu memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga, menyajikan pengalaman mobile yang lebih mantap.

Kerja sama Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google, memastikan pengalaman yang seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit kamu. Hal tersebut berarti kamu dapat menikmati aplikasi seperti Google Duo, yang menyediakan panggilan video berkualitas tinggi dengan teman dan keluarga.

Dan baik saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, maupun Galaxy Tab, kamu akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat kamu, dan akan dapat melakukan sinkronisasi perangkat dengan mulus.

Ketersediaan

Update One UI 4 tersedia di seri Galaxy S21 mulai 15 November dan akan segera tersedia di seri Galaxy S dan Note sebelumnya serta seri Galaxy A, foldables dan tablet.

Pengumuman ini datang bersamaan dengan pembaruan perangkat lunak untuk seri Galaxy Watch yang mulai 15 November memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur kesehatan yang ditingkatkan dan tampilan jam baru.

Nantikan apakah perangkat Samsung kamu akan mendapatkan update One UI 4 ini.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Cara Membuat Konten Sinematik dengan Samsung Galaxy S24 Series