Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 28 November 2021 | 14:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perusahaan telah meluncurkan dua HP baru ke Indonesia yaitu Realme C25Y dan Realme 8i. Review Realme C25Y ini patut dibaca bagi kalian yang ingin mencari HP murah dengan performa mumpuni di kelasnya.

Dalam perilisannya beberapa hari lalu, petinggi Realme menjelaskan bahwa C25Y merupakan HP C-series pertama dari Realme yang dibekali kamera 50 MP.

Perangkat memiliki layar IPS LCD 6,5 inci beresolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dengan rasio aspek 20:9. HP ini menjalankan edisi khusus Realme UI yang disebut Realme R Edition berbasis Android 11.

Perangkat ditenagai oleh Unisoc T610 yang diklaim sebagai "Powerful Processor" di kelas entry-level. Itu adalah chip dengan CPU octa-core berkonfigurasi 2 core Cortex-A75 (1.8 GHz) + 6 core Cortex-A55 (1.8 GHz).

Lantas, seberapa "powerful" dapur pacu Unisoc ini? Review Realme C25Y di bawah dapat menjawab klaim perusahaan saat perilisan perangkat beberapa waktu lalu. Perusahaan hanya memboyong satu varian memori saja ke Indonesia yaitu RAM 4 GB + penyimpanan 64 GB.

Review Realme C25Y. (HiTekno/ Rezza Dwi Rachmanta)

Realme C25Y memiliki tiga kamera belakang berkonfigurasi 50 MP (primer) + 2 MP (makro) + 2 MP (depth sensor). Poni waterdrop di bagian depan digunakan sebagai tempat kamera selfie 8 MP.

1. Spesifikasi Realme C25Y

  • OS: Android 11, Realme UI R
  • Chipset: Unisoc T610
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci HD+ (720 x 1600 piksel), kerapatan 270 ppi, 420 nits
  • Kamera utama: 50 MP (wide, PDAF) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Kamera depan: 8 MP
  • Baterai: 5.000 mAh (fast charging 18 W)
  • Konektivitas: microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM)
  • Berat: 200 gram (ketebalan 9.1 mm)
  • Warna: Glacier Blue, Metal Gray

2. Desain Perangkat

Review Realme C25Y. (HiTekno/ Rezza Dwi Rachmanta)

HP murah ini memiliki dimensi 164.5 x 76 x 9.1 mm dengan berat sekitar 200 gram. Saat perilisan, perusahaan menjelaskan bahwa mereka mengadopsi desain garis estetik atau garis-garis abstrak yang disusun secara teratur.

Desain ini diharapkan dapat menciptakan efek visual tersendiri. Perangkat yang kami review merupakan Realme C25Y varian warna Glacier Blue. Bodi belakang Realme C25Y mengingatkan kita pada desain garis-garis pada Realme Narzo 20.

Realme C25Y mengusung garis-garis vertikal sementara Realme Narzo 20 cenderung memiliki pola garis berbentuk "V". Terdapat beberapa HP yang memiliki bodi licin sehingga kita harus menggunakan casing agar dapat menggenggam dengan baik.

Kami tak menemukan masalah tersebut pada Realme C25Y. Pola garis estetik di bagian belakang membuat kita lebih mudah untuk mencengkeram bodinya. Cukup unik, kita bisa melihat speaker yang diletakkan tepat di bawah logo Realme.

Pola garis di bagian belakang juga tak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Terdapat pola gradasi dari atas ke bawah yang membuat desain Realme C25Y tak murahan meski berada di kelas entry-level.

3. Performa Realme C25Y

Hasil benchmark Realme C25Y. (HiTekno/ Rezza Dwi Rachmanta)

Saat pertama kali melihat unit review Realme C25Y, kami agak mengernyitkan dahi mengingat dapur pacunya tak familiar ditemukan pada rentang Rp 2 jutaan. Chip Unisoc sendiri kerap kita temui pada HP dengan banderol ratusan ribu hingga Rp 1 jutaan.

Meski begitu, performa dapur pacu Unisoc T610 bersistem fabrikasi 12 nm ini bisa diadu dengan chipset di rentang harga yang sama.

Harga Realme C25Y di Indonesia dibanderol sebesar Rp 2.099.000 (harga promo Rp 1.999.000). Pada rentang harga tersebut, kita biasanya menemukan perangkat dengan chipset Snapdragon 662, Helio G85, Helio G80, Helio P35 dan lain-lain.

Pengaturan grafis Realme C25Y saat gaming. (HiTekno/ Rezza Dwi Rachmanta)

Kami menguji Realme C25Y dengan deretan aplikasi benchmark seperti AnTuTu, Geekbench, dan 3D Mark Wild Life. Pada pengujian, skor AnTuTu Realme C25Y dapat mencapai 192.908 poin (AnTuTu versi 9).

Pada pengujian di Geekbench, Realme C25Y mampu mencetak tes single-core sebanyak 343 poin dan multi-core 1.273 poin. Sementara skor 3D Mark Wild Life sebesar 525 poin.

Deretan perolehan skor tersebut mengindikasikan bahwa Realme C25Y masih cukup mumpuni untuk bersaing dengan perangkat lain di kelas entry-level. Ketika digunakan bermain game, pengaturan grafis bahkan dapat rata kanan untuk Mobile Legends.

Realme C25Y bisa digunakan untuk main Asphalt 9. (HiTekno/ Rezza Dwi Rachmanta)

Pengaturan grafis Ultra dan High di Mobile Legends bisa dilibas tanpa kendala. Saat bermain PUBG Mobile, pengaturan grafis bisa di-setting ke HD dengan frame rate High.

Kami dapat memainkan game battle royale PUBG Mobile dengan pengaturan grafis tersebut dengan lancar dan minim lag.

Realme C25Y juga bisa memainkan Call of Duty Mobile dengan baik. Setting grafis Medium dan frame rate High juga masih mampu ditangani oleh perangkat ini. Bagi kalian penyuka game racing, Realme C25Y mampu memainkan Asphalt 9: Legends dengan tampilan minim lag.

4. Daya Tahan Baterai

Realme C25Y. (Realme)

 

Meski memakai baterai 5.000 mAh (bukan 6.000 mAh), Realme C25Y bisa bertahan selama dua hari dengan penggunaan media sosial ringan serta bermain game sesekali. Perangkat ini cukup awet meski digunakan untuk bermain game selama berjam-jam.

Bermain game Mobile Legends selama 1 jam (grafik High) menghabiskan baterai 10 persen. Sementara memainkan PUBG Mobile (grafis HD, frame rate High) menguras baterai 12 persen selama satu jam. Pengguna juga bisa maraton menonton anime atau film berjam-jam dengan Realme C25Y. Streaming film atau video HD selama 1 jam memakan baterai sebesar 3-4 persen saja.

HP murah ini mendukung teknologi reverse charging sehingga perangkat bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya gadget lain.

5. Performa Kamera Realme C25Y

Review Realme C25Y. (HiTekno/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

Modul berbentuk persegi di bagian belakang digunakan sebagai penampung tiga sensor berkonfigurasi 50 MP (primer) + 2 MP (makro) + 2 MP (depth sensor). Menurut kami, kamera primer 50 MP miliknya mampu menghasilkan foto yang cukup berkualitas di kelas entry-level.

Saturasi warna tergolong baik di mana kamera menawarkan kesan natural ketika pencahayaan dalam kondisi baik. Detail foto makro terkesan biasa saja dan kamera selfie-nya juga tergolong pas-pasan.

Berikut hasil foto Realme C25Y:

Hasil foto Realme C25Y, siang. (HiTekno.com/ Rezza Rachmanta)

 

Hasil foto Realme C25Y, malam. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

Foto Zoom 3x Realme C25Y.(HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

Foto makro Realme C25Y.(HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

Hasil foto selfie Realme C25Y. (HiTekno.com)

6. Kesimpulan

Realme C25Y. (Realme)

 

Realme C25Y cocok buat kalian yang mengincar HP Rp 2 jutaan dengan performa mumpuni untuk bermain game di kelas entry-level. Baterai Realme C25Y tergolong cukup awet meski kapasitasnya 5.000 mAh.

Tanpa menggunakan casing, perangkat ini mengusung desain ciamik sehingga tak menghasilkan kesan murahan. Tampilan antarmuka Realme UI R sangat ringan dan smooth sehingga memudahkan penggunaan sehari-hari.

Kelebihan:

  • Baterai awet
  • Performa tergolong mumpuni untuk main game
  • Desain cantik
  • Kecerahan layar cukup tinggi, namun nyaman di mata

Kekurangan:

  • Port masih microUSB
  • Performa kamera kurang maksimal di kondisi low-light
  • Tak ada lapisan pelindung Corning Gorilla Glass

Itulah tadi review Realme C25Y dari tim HiTekno.com, tertarik meminang HP murah satu ini?

BACA SELANJUTNYA

Realme C67 Ditenagai Snapdragon 685 dan Kamera 108 MP, Harganya cuma Rp 2.599.00