Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 Desember 2021 | 19:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selain Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm juga mengenalkan prosesor baru untuk laptop. Yakni Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+ Gen 3 yang dihadirkan untuk menjadi solusi komputasi laptop.

Menjadi penerus generasi sebelumnya, Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+ Gen 3 ini ditujukan sebagai prosesor baru untuk laptop berbasis Windows.

Rincinya, Snapdragon 8cx Gen 3 adalah prosesor kelas premium yang ditujukan untuk laptop Windows. Sementara Snapdragon 7c+ Gen 3 dibuat untuk laptop Windows dan Chromebook yang memiliki harga terjangkau.

Snapdragon 8cx Gen 3

Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3. (Qualcomm)

Snapdragon 8cx Gen 3 adalah prosesor baru lanjutan dari 8cx Gen 2. Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 5nm, berbeda dari pendahulunya yang dibuat dengan 7nm.

Prosesor ini membawa CPU Qualcomm Kryo yang disempurnakan dengan menggabungkan core performa tinggi dan core hemat energi.

Qualcomm mengklaim Snapdragon 8cx Gen 3 memberikan peningkatan hingga 40 persen untuk single-thread dan 85 persen untuk multi-thread, dibanding pendahulunya.

Sementara di sektor grafis, ada GPU Qualcomm Adreno yang membawa peningkatan performa hingga 60 persen dibanding pendahulunya.

GPU ini memberikan keunggulan untuk aplikasi edit foto dan video, video conference, dan game yang mampu berjalan dengan resolusi Full HD 120 fps.

Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3. (Qualcomm)

Di pemrosesan gambar, ada Qualcomm Spectra ISP yang mendukung format 4K HDR hingga membawa fitur 3A seperti auto-focus, auto-white balance, dan auto-exposure.

Di sektor audio, Snapdragon 8cx Gen 3 mengusung Echo Cancellation dan Noise Suppression yang dipadukan dengan AI canggih.

Fitur ini membuatnya bisa mengurangi suara bising yang ada di sekitar.

Teknologi AI dalam Qualcomm AI Engine ini memiliki kemampuan tiga kali lipat dari generasi sebelumnya dan menghadirkan lebih dari 29 TOPS.

Qualcomm mencontohkan kemampuan AI ini bisa memungkinkan Microsoft menyediakan deteksi dan segmentasi wajah lebih akurat.

Untuk konektivitas, Snapdragon 8cx Gen 3 sudah mendukung internet 5G dan Wifi 6.

Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3. (Qualcomm)

Dikombinasikan dengan fitur konektivitas kuat seperti dukungan untuk Snapdragon X55, Snapdragon X62, dan Sistem Modem-RF Snapdragon X65 yang mampu menjangkau kecepatan 10Gbps.

Snapdragon 8cx Gen 3 juga menghadirkan fitur baru untuk membantu pengguna tetap terlindungi dari chip hingga cloud.

Proses Secure Boot memungkinkan pemulihan NIST yang dirancang untuk mencegah sistem dari firmware rusak.

Lalu ada integrasi Microsoft Pluton ke Qualcomm Secure Processing Unit untuk menambah keamanan, seperti kamera di Windows Hello hingga sensor yang disempurnakan.

Snapdragon 7c+ Gen 3

Qualcomm Snapdragon 7c+ Gen 3. (Qualcomm)

Snapdragon 7c+ Gen 3 dibuat dengan fabrikasi 6nm sekaligus menjadi penerus dari Snapdragon 7c Gen 2.

Prosesor baru ini memiliki kinerja CPU 40 persen dan kinerja grafis 35 persen lebih baik dari pendahulunya.

Snapdragon 7c+ Gen 3 memiliki FastConnect 6700 untuk menghadirkan kecepatan Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E.

Adanya Snapdragon X53 Modem-RF System juga menjadikan prosesor mendukung internet 5G dengan kecepatan unduh hingga 3,7Gbps.

Qualcomm AI Engine yang ditingkatkan juga dapat mengaktifkan pengalaman premium yang mungkin hanya diperoleh dari prosesor flagship.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (2/12/2021), laptop Windows 11 pertama dengan Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+ Gen 3 akan dirilis pada semester satu 2022.

Itulah dua prosesor baru Qualcomm, Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+ Gen 3 yang diluncurkan untuk laptop Windows. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Jajaran Dell XPS Terbaru, Desain Stylish dan Futuristik