Minggu, 11 Juni 2023
Agung Pratnyawan : Jum'at, 17 Desember 2021 | 14:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Inilah beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk edit PDF online ke Word secara gratis dan dengan cara yang mudah. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini sudah banyak sekali situs yang menyediakan layanan untuk mengubah berbagai macam dokumen menjadi berbagai jenis format yang berbeda, termasuk PDF ke Word.

File dalam format PDF merupakan salah satu jenis format yang sering digunakan dalam pembuatan surat-surat maupun dokumen-dokumen penting.

Format PDF dipilih untuk membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, ataupun link karena memberikan akses portable, sehingga file tersebut bisa dibuka pada perangkat apapun mulai dari komputer, laptop maupun HP tanpa khawatir akan mengubah isi dari file tersebut.

Namun selain memiliki berbagai macam kelebihan file dalam format PDF memiliki kekurangan yaitu tidak mudah untuk diedit. Tetapi kamu tidak perlu khawatir apabila memiliki file PDF yang ingin diedit karena kamu tetap bisa melakukan perubahan pada file PDF tersebut dengan cara merubah file PDF tersebut menjadi dokumen Word secara online terlebih dahulu.

Edit PDF online ke Word memang merupakan metode yang paling mudah digunakan, karena dengan cara ini kamu jadi tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan pada perangkat kamu.

Cukup dengan menyediakan akses ke jaringan internet yang stabil untuk proses download dan upload file, maka kamu sudah bisa merubah file PDF yang kamu miliki menjadi dokumen dalam format Word sehingga akan lebih mudah untuk diedit.

Setelah memastikan jaringan internet kamu stabil, maka inilah beberapa situs yang bisa kamu kunjungi melalui browser pada perangkat kamu untuk edit PDF online ke Word:

Mengubah PDF ke Word. (SmallPDF)

1. Edit PDF online ke Word menggunakan Convert Online Free

Convert Online Free merupakan layanan konversi file PDF menjadi dokumen word dalam format doc maupun docx yang sesuai dengan kebutuhan kamu akan dokumen dan tentu saja tetap akan menghasilkan kualitas tinggi.

Situs ini mampu mengupload file yang cukup besar yaitu mencapai 50 MB dan bisa kamu nikmati secara gratis. Kamu bisa langsung mengubah file PDF menjadi file Word, file PDF menjadi file JPG, juga berbagai jenis file lainnya tanpa perlu repot-repot melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk edit PDF online ke Word menggunakan Convert Online Free :

  • Buka situs Convert Online Free pada browser kamu dengan mengetik https://convertonlinefree.com/ 
  • Kemudian pilih jenis file output yang diinginkan bisa PDF to DOC ataupun PDF to DOCX
  • Selanjutnya klik Browse dan pilih file PDF yang ingin kamu edit
  • Lalu klik Convert dan tunggu hingga proses konversi selesai
  • Setelah itu akan muncul pop up untuk mendownload file PDF yang berhasil dikonversi menjadi dokumen Word, klik OK untuk menyimpannya di perangkat kamu

2. Edit PDF online ke Word menggunakan iLovePDF

iLovePDF merupakan platform khusus untuk format PDF yang bisa kamu gunakan untuk melakukan beberapa hal seperti menggabungkan file PDF, memecah halaman PDF, mengkompress file PDF menjadi lebih kecil, dan mengkonversi format PDF menjadi sejumlah format lain.

Untuk cara edit PDF online ke Word menggunakan iLovePDF bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut ini :

  • Buka situs ilovePDF di https://www.ilovepdf.com/id 
  • Lalu pilih opsi PDF to Word
  • Kemudian klik Select PDF File dan pilih dokumen yang diinginkan untuk diunggah
  • Selanjutnya klik Convert to Word maka akan muncul tulisan “Your PDF has been converted to an editable WORD document
  • Setelah itu kamu bisa mengunduh dokumen hasil konversi dengan klik Download Word

3. Edit PDF online ke Word menggunakan Pdftoword

Pdftoword merupakan situs pengubah dokumen PDF ke format Microsoft Word dengan gratis dan memberikan kualitas yang baik. Apabila kamu ingin melakukan edit PDF online ke Word menggunakan Pdftoword, maka kamu bisa simak langkah berikut ini :

  • Buka situs https://www.pdftoword.com/ pada browser kamu
  • Selanjutnya pilih dokumen PDF yang kamu inginkan untuk diunggah
  • Lalu masukkan alamat email kamu yang aktif
  • Kemudian klik Convert Now, maka dokumen Word hasil konversi akan dikirimkan ke alamat email tersebut

Itulah beberapa situs yang bisa menjadi pilihan kamu apabila ingin edit PDF online ke Word. Namun perlu diingat ya kalau metode edit PDF online ke Word ini tidak disarankan untuk mengunggah dokumen penting yang bersifat sensitif karena bisa saja sewaktu-waktu akan ada peretas yang mengakses dokumen yang pernah kamu unggah.

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Cara Menambahkan Tabel dan Grafik di Microsoft Word?