Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 01 Januari 2022 | 19:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari browser ringan untuk Android agar lancar surfing di internet? Ada beberapa rekomendasi aplikasi browser yang menarik untuk dicoba.

Kalian tengah merasa frustasi dengan HP Android kalian saat ini? Dikarenakan memiliki kapasitas RAM yang cukup kecil terkadang kinerja HP terasa lambat bahkan kerap mengalami blank tak karuan.

Untuk memperingan HP Android, kalian bisa mengakalinya dengan mengganti browser yang lebih ringan agar kinerja HP lebih enteng. Berikut browser ringan untuk Android.

Tentu saat ini ada beberapa pengguna HP yang menggunakan kapasitas RAM di bawah 2GB. Padahal untuk saat ini banyak aplikasi sudah sangat canggih, tentu membutuhkan kapasitas RAM maupun memori internal yang cukup besar.

Tak perlu khawatir, terdapat beberapa aplikasi yang sangat ramah bagi kalian yang memiliki HP dengan kapasitas RAM yang cukup kecil.

Berikut rekomendasi aplikasi browser ringan untuk Android, yuk simak ulasannya:

1. Maxthon

Browser Ringan untuk Android - Maxthon. (Google Play Store)

Aplikasi ini dikembangkan oleh Maxthon Internasional Ltd. Aplikasi ini menggunakan mesin pencari bawaan dari Google sedangkan browser engine menggunakan WebKit, Trident.

Meskipun aplikasi ini dinilai cukup ringan namun untuk tingkat keamanannya aplikasi ini sudah sangat baik. Aplikasi ini juga memiliki fitur sandboxing.

2. Google Go

Browser Ringan untuk Android - Google Go. (Google Play Store)

Google Go merupakan aplikasi browser dari Google dengan versi lite atau kecilnya. Aplikasi ini dikenal memiliki kebutuhan RAM yang cukup kecil dan membuat kinerja berselancar di dunia maya semakin lancar. Aplikasi ini juga bisa mengganti bahasa cerita bisa mengakses YouTube loh.

3. Opera Mini

Browser Ringan untuk Android - Opera Mini. (Google Play Store)

Rupanya Opera mini sama seperti judulnya telah terdapat kata mini di mana browser ini memang dirancang untuk beberapa perangkat yang memiliki RAM berkapasitas kecil.

Selain itu kecepatan ketika browsing Opera mini akan melewati tahap compress agar bisa menyesuaikan kecepatan tergantung dari keadaan lahab dan kecepatan internet.

4. CM Browser

Browser Ringan untuk Android - CM Browser. (Google Play Store)

Meskipun memiliki ukuran aplikasi yang gak cukup kecil namun rupanya aplikasi ini memiliki akses yang cukup luas bisa menjalankan YouTube dengan lancar dan baik. Kerennya lagi aplikasi ini juga terdapat mode malamnya agar membuat tampilan browser kalian menjadi berwarna hitam.

5. Lightning Browser

Browser Ringan untuk Android - Lightning Browser. (Google Play Store)

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dan sangat tetap nyaman untuk dioperasikan. Selain itu aplikasi ini juga terdapat fitur untuk melakukan share link, reader mode dan juga copy link.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi browser ringan untuk Android yang bisa kalian download di HP kalian. Untuk memperingan beban HP ketika tengah digunakan berselancar di internet. Kira-kira mana nih aplikasi pilihan kalian?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

Opera Luncurkan Browser Versi Baru, Usung Fitur ala Microsoft Edge