Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 Februari 2022 | 19:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menjelang dilaksanakannya Olimpiade Beijing 2022 di China, Polisi Federal Amerika Serikat atau FBI menyarankan para atlet memakai HP sekali pakai saja.

Bahkan FBI mendesak para atlet untuk meninggalkan HP utama mereka di rumah, dan memakai HP sekali pakai ketika di China.

Hal ini dilakukan demi melindungi mereka dari potensi serangan siber hingga pencurian data selama Olimpiade Beijing 2022 yang berlangsung selama 4-20 Februari di China.

"FBI mendesak semua atlet untuk menyimpan HP pribadi mereka di rumah dan menggunakan smartphone sekali pakai saat berada di Olimpiade," kata FBI, dikutip dari Android Authority, Selasa (1/2/2022).

Imbauan FBI ini mengikuti Komite Olimpiade Nasional di beberapa negara Barat lain, di mana mereka juga menyarankan atlet untuk tidak memakai HP utama selama Olimpiade berlangsung.

Peringatan itu didasarkan pada pengalaman Olimpiade Tokyo 2020 sebelumnya yang banyak mendapatkan serangan siber.

NTT Corporation selaku perusahaan telekomunikasi Jepang sekaligus penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan ada 450 juta percobaan serangan siber, namun tidak ada yang berhasil.

Penyelenggara menyebut kalau serangan siber paling populer selama Olimpiade Tokyo 2020 mencakup malware, email spoofing, phishing, hingga situs dan layanan streaming palsu.

Namun aplikasi seluler dan dompet digital yang melacak status vaksinasi Covid-19 juga memungkinkan hacker untuk mencuri data pribadi atau memasang alat pelacak, kode berbahaya, hingga malware.

Bahkan salah satu pihak NTT mengakui bahwa pencegahan serangan siber yang mereka lakukan di Olimpiade Tokyo mirip dengan pertarungan final Harry Potter vs Voldemort.

Sayang FBI masih belum mengetahui adanya ancaman siber yang lebih spesifik di Olimpiade Beijing 2022. Namun mereka mengimbau peserta agar tetap waspada.

Itulah rekomendasi FBI yang menyarankan para atlet hanya memakai HP sekali pakai di Olimpiade Beijing 2022. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Momen-Momen Membanggakan Olimpiade #Tokyo2020 di Twitter