Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 14 Maret 2022 | 14:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara pakai DroidCam, membuat kamera HP sebagai webcam. Ikuti tutorial DroidCam yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Berikut ini cara pakai DroidCam yang dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah sederhana sehingga kamu bisa menggunakan smartphone kamu sebagai kamera web dalam program konferensi video seperti Skype, Zoom, dan lain-lain.

Saat ini sudah tersedia berbagai macam aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan kamera HP kamu sebagai webcam pada komputer ataupun laptop.

Salah satunya aplikasi yang populer digunakan oleh berbagai kalangan yaitu DroidCam, DroidCam merupakan aplikasi yang menggantikan fungsi webcam pada komputer atau laptop melalui smartphone.

Jadi dengan menggunakan aplikasi DroidCam maka kamu tetap bisa melakukan video chat atau video call walaupun webcam pada perangkat kamu sedang bermasalah. Selain itu kamu juga bisa memilih ingin menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang pada smartphone kamu.

Aplikasi DroidCam. (dev47apps)

Gimana? Sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana sih cara pakai DroidCam? Kalau begitu kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah dibawah ini :

  1. Download dan install aplikasi DroidCam pada komputer ataupun laptop kamu
  2. Kemudian download juga aplikasi DroidCam melalui Google Play Store di smartphone kamu
  3. Apabila proses penginstalan aplikasi DroidCam pada smartphone kamu sudah selesai, maka akan muncul alamat IP dan port yang digunakan oleh DroidCam untuk dimanfaatkan sebagai kamera atau webcam PC
  4. Lalu pastikan bahwa smartphone dan komputer ataupun laptop kamu berada dalam koneksi wifi yang sama
  5. Selanjutnya jalankan aplikasi DroidCam yang telah diinstall pada komputer ataupun laptop kamu tadi, maka akan muncul jendela aplikasi DroidCam Client di komputer ataupun laptop kamu
  6. Aktifkan ikon Wi-Fi lalu masukkan IP di kolom Device IP serta DroidCam Point, isi dengan alamat yang sama seperti di aplikasi DroidCam Client pada smartphone kamu
  7. Setelah itu klik tombol Start
  8. Maka secara otomatis kamera HP kamu akan terhubung dengan komputer ataupun laptop kamu dan proses pengaktifan DroidCam telah selesai

Itulah cara pakai DroidCam yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar smartphone kamu bisa dijadikan sebagai webcam pada komputer ataupun laptop.

Tutorial diatas tentu sangat berguna bukan selama masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan berbagai macam pekerjaan dilakukan secara online?

Manfaatkan Cara Pakai DroidCam tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial DroidCam di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Cara Menemukan File Hasil Download di Android Tanpa Ribet