Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 20 Mei 2022 | 14:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan sebuah bug dalam toko aplikasi Huawei AppGallery yang memungkinkan pengguna bisa download aplikasi berbayar secara gratis.

Celah dalam Huawei AppGallery ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengembang aplikasi Android bernama Dylan Roussel.

Disebutkan kalau application programming interface (API) pada dasarnya tidak menawarkan perlindungan apapun untuk aplikasi berbayar.

Namun, diperlukan sedikit upaya dan beberapa pengetahuan teknis agar pengguna bisa mendapatkan link APK aplikasi premium dan mengunduhnya secara gratis.

Nah Roussel mengaku ia dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi berbayar dengan memanfaatkan celah Huawei AppGallery tersebut.

Logo Huawei AppGallery. (Huawei)

Dia mengatakan kalau masalahnya bukan berasal dari pengembang aplikasi yang tidak mengaktifkan verifikasi lisensi ke aplikasi buatannya.

Menurutnya, celah ini hanya bisa diperbaiki langsung oleh Huawei, sebagaimana dilaporkan Android Authority, Jumat (20/5/2022).

Celah itu tak hanya berakibat pada kerugian pengembang, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membajak aplikasi.

Kemungkinan hacker bisa menggunakan API untuk mengunduh sejumlah besar aplikasi berbayar, bahkan tanpa perlu melalui AppGallery.

Roussel kemudian memberitahu Huawei tentang celah tersebut pada Februari lalu. Awalnya mereka bakal memperbaiki celah itu dalam waktu lima minggu.

Berminggu-minggu kemudian, celah itu masih bisa diakses. Aplikasi berbayar pun masih bisa diunduh secara gratis dari Huawei AppGallery.

Itulah temuan bug dalam Huawei AppGallery yang memungkinkan pengguna download gratis aplikasi berbayar. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Huawei Watch Fit SE Resmi Hadir di Indonesia, Cek Berapa Harganya?