Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berniat membuat konten video pendek memasak yang menarik? Berikut ini beberapa tips dan trik yang disampaikan SnackVideo untuk membuat koten video pendek memasak menggunakan smartphone.

Konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak selalu memiliki tempat spesial di hati para penonton.

Terlebih lagi sejak kemunculan platform video pendek, konten-konten tentang makanan pun semakin diminati, baik oleh konten kreator maupun pengguna lainnya sebagai penggemar konten tersebut.

Lewat video pendek, penonton dapat melihat konten yang menarik dan informatif, secara singkat dan tidak bertele-tele. 

Konten mengenai makanan ternyata juga banyak dijumpai di platform video pendek SnackVideo. Bahkan, kategori konten ini termasuk dalam top 5 kategori konten yang paling diminati oleh pengguna.

SnackVideo juga menyebutkan bahwa telah ada lebih dari 450 juta konten tentang makanan yang dibuat di SnackVideo.

Untuk Anda yang ingin memulai membuat konten tentang makanan, SnackVideo membagikan beberapa rahasia menciptakan konten memasak yang menggugah selera hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Ilustrasi memasak. (Pixabay/olafBroeker)

Simak berikut ini trik membuat konten video pendek memasak berbekal smartphone dari SnackVideo.

1. Buat video yang berfokus pada makanan, bukan latar belakangnya

Membuat video pendek menggunakan smartphone memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah kamu bisa mudah menyesuaikan fokus kamera.

Manfaatkan keuntungan ini agar masakan kamu jadi lebih menggugah selera, yakni dengan memfokuskan kamera pada makanannya. Tunjukan setiap detail makanan secara jelas, pastikan juga terekam dengan fokus dan tajam.

Selain untuk menunjukkan kelezatan masakan agar lebih menggugah selera, memfokuskan kamera pada makanan juga berguna saat kamu merekam video tersebut di dapur yang sederhana.

Jadi, kamu tidak perlu berfokus pada latar belakang yang mungkin berpotensi mengganggu nilai estetika video.

2. Perhatikan arah asap agar tidak mengganggu kamera

Selanjutnya, tak bisa dipungkiri bahwa membuat konten video pendek saat memasak terkadang akan sedikit terganggu oleh asap dari masakan itu sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk kamu memperhatikan arah asap. Tujuannya, agar asap tidak mengganggu kamera hingga membuat gambar menjadi blur.

Memperhatikan arah asap juga berguna untuk memastikan kamu bisa tetap fokus memasak, tanpa perlu repot membetulkan fokus kamera.

3. Membuat konten ASMR atau menggunakan lagu latar yang trendi

Membuat video pendek memasak menggunakan smartphone tetap bisa tampil keren, serta menunjukkan makanan yang menggugah selera. Salah satu rahasianya ialah dengan memperhatikan pemilihan konten.

Cobalah untuk berinovasi dengan membuat konten kekinian, seperti ASMR atau video pendek yang menggunakan lagu-lagu trendi. Langkah ini juga bisa membuat konten kamu dilirik oleh para pengguna lain hingga sukses mendapat banyak penonton.

Cara ini telah banyak diterapkan oleh kreator SnackVideo, seperti Laydidiemsia yang rutin membuat video ASMR.

Selain visual makanan yang menggugah selera, konsep ASMR pada video pendek juga menghasilkan suara renyah di setiap gigitan. Hasilnya, penonton pun jadi ikut merasa lapar saat melihatnya.

4. Pilih bahan masakan segar dan gunakan peralatan berwarna cerah

Untuk memastikan konten masakanmu terlihat lezat dan menggugah selera, maka kamu harus memperhatikan visual dari alat dan bahan yang digunakan.

Terlebih lagi saat merekam menggunakan smartphone dan mengandalkan pencahayaan di sekitar, maka penggunaan alat dan bahan pun menjadi sangat penting.

Ingatlah untuk menggunakan bahan masakan yang masih segar, mulai dari bahan utama hingga bahan pelengkap. Seperti yang dilakukan oleh kreator Lela Ledung saat membuat bakwan bayam, ia secara khusus memetik bayam langsung dari pohonnya sebelum memasak.

Meski sederhana dan tak berlebihan, namun bahan yang segar tentu mampu membuat masakan terlihat lebih menggugah selera.

5. Manfaatkan filter “food” di SnackVideo agar lebih menggugah selera

Terakhir, membuat konten video pendek di SnackVideo juga menawarkan suatu kelebihan tersendiri, yakni dengan adanya filter pendukung yang mampu membuat kontenmu terlihat lebih bagus.

Saat membuat video pendek memasak, maka kamu bisa manfaatkan filter “food” untuk memastikan tampilan masakanmu tampak lezat hingga mampu memukau penonton.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Prilly Latuconsina Dasteran Sambil Sibuk Masak di Dapur, Netizen: Hidup Terasa Indah Kalau Bini Model Begini