Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm resmi mengenalkan dua chipset baru mereka yang akan meluncur secara global. Yakni Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1, yang memiliki kelebihan masing-masing.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 adalah chipset baru yang ditujukan untuk smartphone premium, menawatkan peningkatan daya dan kinerja. Sedangkan Snapdragon 7 Gen 1 menawarkan pilihan fitur yang diantisipasi dan teknologi kelas atas, serta memperluas akses bagi pengguna di seluruh dunia.

Senior Vice President and General Manager Mobile Handsets Qualcomm Technologies, Christopher Patrick mengatakan fokus perusahaan di segmen mobile adalah menghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan di sektor industri, serta untuk perangkat unggulan.

"Kami mengimplementasikan fitur-fitur ini terlebih dahulu di seri Snapdragon 8 dan kemudian mengembangkannya ke dalam peta jalan mobile kami. Snapdragon 8+ dan 7 Gen 1 terbaru memberikan pengalaman penggunaan yang luar biasa di kelas masing-masing," kata Patrick dalam keterangan resminya, Jumat (20/5/2022).

Fitur Snapdragon 8 Plus Gen 1

Snapdragon 8 Plus Gen 1. (Qualcomm)

Snapdragon 8 Plus Gen 1 diklaim memberikan dorongan luar biasa untuk meningkatkan pengalaman penggunaan di semua perangkat dan memaksimalkan kemampuan bermain game sepanjang hari.

Prosesor ini dipastikan bakal dipakai oleh OEM dan merek global seperti ASUS, ROG, Black Shark, HONOR, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, OPPO, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE, yang mana perangkat akan tersedia tersedia pada Q3 2022.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 membawa Snapdragon Elite Gaming yang memungkinkan perangkat mendapatkan respons cepat, tampilan HDR kaya warna dengan kualitas visual tinggi, hingga kemampuan kelas dekstop.

Dengan kemampuan Qualcomm Adreno GPU yang ditingkatkan, Snapdragon 8+ memberikan peningkatan kecepatan hingga 10 persen dan pengurangan daya 30 persen untuk memberikan pengalaman gameplay terbaik. Dengan peningkatan dan efisiensi daya tambahan, pengguna dapat merasakan waktu gameplay tambahan hingga 60 menit.

Snapdragon 8+ juga dilengkapi Qualcomm Kryo CPU dengan pemrosesan hingga 10 persen lebih cepat dan peningkatan efisiensi daya hingga 30 persen.

Untuk kamera, Snapdragon 8 Plus Gen 1 menghadirkan teknologi Snapdragon Sight terbaru seperti perekaman video HDR 8K. Kemampuan tersebut mampu menangkap menggunakan format HDR10+ premium yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Lalu ada kemampuan Snapdragon Smart yang ditenagai oleh 7th Gen Qualcomm AI Engine. Ini menghadirkan kinerja per Watt hingga 20 persen lebih baik untuk memungkinkan penggunaan AI canggih seperti efek bokeh legendaris Leica Leitz.

Di konektivitas, ada fitur seperti Snapdragon Connect dan Snapdragon X65 Modem-RF System. Ini memberikan kecepatan dan efisiensi sehingga pengguna dapat berbicara dengan teman dan keluarga selama 5,5 jam lebih lama.

Qualcomm FastConnect 6900 turut mendukung pengalaman luar biasa melalui Wi-Fi dan Bluetooth. Ada pula Snapdragon Sound dengan dukungan untuk kualitas audio CD Lossless, latensi sangat rendah untuk game bebas gangguan, dan konektivitas yang kuat.

Fitur Snapdragon 7 Gen 1

Snapdragon 7 Gen 1. (Qualcomm)

Snapdragon 7 Gen 1 membawa keunggulan seperti pengalaman game mobile terbaik, konektivitas berkecepatan tinggi, hiburan cerdas, dan pengambilan gambar luar biasa.

Snapdragon 7 Gen 1 akan diadopsi oleh OEM dan merek global seperti HONOR, OPPO, dan Xiaomi, di mana perangkat akan tersedia dipasaran pada Q2 2022.

Snapdragon 7 Gen 1 menghadirkan fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Adreno Frame Motion Engine. Ini dapat menggandakan framerate untuk meningkatkan kualitas konten sambil mempertahankan konsumsi daya yang sama.

GPU Adreno yang ditingkatkan memberikan rendering grafis 20 persen lebih cepat. Platform ini juga mendukung Quad HD+ Display yang imersif dan audio yang diperkuat dengan fitur anti-howling unruk permainan multi-pemain.

Untuk fotografi, Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi Qualcomm Spectra triple ISP sehingga pengguna dapat memotret dari tiga kamera secara bersamaan atau mengambil foto dengan resolusi 200MP. Ini jadi yang pertama diterapkan di seri Snapdragon 7.

Pengguna juga bisa memanfaatkan HDR 4K yang menghasilkan foto dengan kontras, ketajaman, dan realisme luar biasa yang menghasilkan kecerahan tinggi dan hitam yang pekat.

Untuk kemampuan AI, Snapdragon 7 menggunakan 7th Gen Qualcomm AI Engine yang memungkinkan Deep Learning Face Detect berdasarkan 300 facial landmark. Ini memungkinkan fokus jadi otomatis yang lebih akurat, bahkan saat mengenakan masker. Snapdragon 7 Gen 1 juga menghadirkan peningkatan kinerja AI hingga 30 persen.

Di fitur keamanan, Snapdragon 7 Gen 1 menyertakan Trust Management Engine khusus dan Android Ready SE, membuatnya jadi yang pertama ada di seri Snapdragon 7.

Terakhir di konektivitas, Snapdragon 7 Gen 1 memiliki fitur Snapdragon X62 5G Modem-RF System generasi ke-4 dan FastConnect 6900 yang menghadirkan Wi-Fi dan Bluetooth superior. Ada pula Snapdragon Sound untuk mencegah getaran dan menciptakan pengalaman yang imersif. 

Itulah Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1, dua chipset baru Qualcomm yang resmi dikenalkan. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Dimensity 9300 Terapkan Desain All Big Core, Dongkrak Kinerja dan Efisiensi