Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 Mei 2022 | 14:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Laporan terbaru yang dirilis Google Project Zero, mendapati kalau ada hacker atau peretas yang memanfaatkan Zoom untuk menyebarkan malware berbahaya.

Diwartakan Suara.com, laporan terbaru ini mengungkap bagaimana Zoom bisa dimanfaatkan hacker untuk menyebarkan bahaya ke pengguna di seluruh dunia.

Bahkan menurut laporan, hacker bisa mengirim pesan berisi malware itu ke pengguna yang ditargetkan melalui platform video teleconference tersebut.

Berbeda seperti pesan spam lainnya, peretas menggunakan beberapa teknik baru yang mana pengguna tidak perlu berinteraksi dengan pesan tersebut.

Hacker hanya perlu mengirim pesan ke pengguna Zoom lewat protokol XMPP untuk mengakali sistem perangkat dan menyebarkan malware ke pengguna.

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)

Adapun pengguna yang ditargetkan malware ini adalah mereka yang menggunakan Zoom via Windows, macOS, Android, iOS, Linux, dan lainnya, sebagaimana diungkap Republic World, Senin (30/5/2022).

Untungnya Zoom mengetahui adanya bug tersebut dan menandainya sebagai ancaman dengan risiko tinggi.

Zoom memberikan rating 8,1 dari 10 di Common Vulnerability Scoring System terkait ancaman tersebut.

Zoom pun sudah memberikan update keamanan ke versi 5.10.0. Jadi pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi demi menghindari celah tersebut.

Itulah laporan Google Project Zero yang mendapati adanya peluang hacker mengirimkan malware berbahaya melalui Zoom.  Karenanya, update selalu aplikasi Zoom kamu ke versi terbaru. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Malware Jenis Baru Ini Bergerilya Curi Data Pengguna Ponsel, Bikin Ngeri