Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 08 Juni 2022 | 19:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Uni Eropa resmi mencapai kesepakatan untuk menerapkan kebijakan charger tunggal untuk semua perangkat elektronik, termasuk smartphone. Lalu bagaimana dengan iPhone nantinya? Apakah Apple mau mengganti port Lightning ke USB C?

Diwartakan Suara.com, Uni Eropa pada Selasa (7/6/2022) mencapai kesepakatan untuk menggunakan USB C sebagai standar tunggal untuk charger pada berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, tablet hingga kamera.

Kebijakan ini diyakini bakal memaksa Apple untuk ikut menggunakan USB C, konektor pengisi baterai yang banyak digunakan oleh HP Android.

Apple memang menggunakan kabel dengan port Lightning untuk mengisi baterai iPhone, sementara HP Android banyak menggunakan USB C atau USB type-C..

"Mulai musim gugur 2024, USB Type-C akan menjadi charger untuk semua ponsel, tablet dan kamera di Uni Eropa," demikian diumumkan Parlemen Eropa seperti dilansir dari Suara.com (8/6/2022).

Lightning, USB C atau USB Type-C, Micro USB atau USB Type-B. (Pixabay)

Uni Eropa yakin kebijakan ini akan lebih memudahkan pelanggan, meminimalisir sampah elektronik, dan membuat konsumen lebih hemat.

Di sisi lain produsen smartphone juga kini mulai menjual smartphone tanpa perangkat charger, dengan alasan lebih ramah lingkungan.

Uni Eropa yakin bahwa aturan baru tersebut akan menghemat hingga 250 juta euro. Selain itu kebijakan ini juga akan mendorong pengembangan teknologi baru, seperti pengisian baterai nirkabel.

Apple sendiri belum menanggapi regulasi baru di Eropa tersebut. Meski demikian beberapa laporan menyebutkan bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut sedang mengembangkan charger USB C.

Akankah kebijakan Uni Eropa ini membuat Apple mengganti port Lightning ke USB C seperti HP Android? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif