Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 30 Juni 2022 | 14:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aplikasi MyPertamina dibombardir dengan review atau ulasan bintang satu dari netizen. Pantauan melalui Google Play Store, aplikasi MyPertamina kini memperoleh ulasan 1.6 dari 5 bintang yang tersedia.

Banyak netizen yang membombardir aplikasi MyPertamina sehingga rating keseluruhan menjadi jeblok. Sebelum ini, beredar kabar bahwa pembelian BBM bersubsidi (termasuk Pertalite dan Solar) harus memakai aplikasi MyPertamina.

Sebagian netizen yang tak setuju dengan kebijakan tersebut rupanya berbondong-bondong memberikan review bintang satu di Google Play Store.

Aplikasi MyPertamina tersedia di Play Store sejak Agustus 2017. Update aplikasi terakhir dilakukan pada 28 Juni 2022. Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

Dilihat dari Play Store, aplikasi MyPertamina memperoleh lebih dari 117 ribu ulasan. Pada deskripsi "Rating dan Ulasan" pemberian review bintang satu melonjak tajam jika dibanding pengguna yang memberikan ulasan bintang lima.

Aplikasi MyPertamina dibombardir review bintang satu oleh netizen. (Play Store)

Grafik bahkan menyuratkan bahwa pengguna yang memberikan review jelek berkali-kali lipat lebih banyak dibanding ulasan bintang lima. Review bintang satu banyak diberikan oleh netizen dari tanggal 29 hingga 30 Juni 2022.

Belum diketahui asal mula gerakan pemberian review bintang satu, namun terdapat beberapa netizen yang mengajak netizen lain untuk memberikan ulasan bintang satu pada fanspage atau forum di media sosial.

"Cara protes yang lumayan efektif, saya kasih bintang satu, semoga di-banned sama Google. Karena penggunaan aplikasi ini menyulitkan masyarakat secara umum," tulis akun Ka** I**an No**and**a. Dari 117 ribu ulasan, lebih dari 60 persen memberikan rating bintang satu pada aplikasi MyPertamina. Terdapat berbagai komentar negatif dari netizen di Google Play Store.

Aplikasi MyPertamina dibombardir review bintang satu oleh netizen. (Play Store)

"Menyusahkan rakyat!" kata G**e A**.

"Mau isi bensin aja ribet c*k," komentar Ta**ik Hi**yat.

"Aplikasi kurang responsif. Saat saya pertama kali daftar dan login, tiba-tiba aplikasinya bilang 'nomor atau PIN salah' (padahal sesuai semua). Selanjutnya saya reset PIN, yang pilihannya hanya melalui SMS. Tapi sampai beberapa kali reset, SMS tidak datang, padahal jaringan internet saya bagus," ungkap A N**sa**an.

"Ribet, aplikasi lola banyak erornya. Teknologi itu untuk mempermudah, bukan malah menyusahkan rakyat. Kalau tak bisa mensejahterakan lebih baik jangan menyusahkan," pendapat D**is Shi**y.

Aplikasi MyPertamina dibombardir review bintang satu oleh netizen. (Play Store)

Pernyataan Pertamina Tentang Pendaftaran di Website

Dikutip dari Suara.com, PT Pertamina Patra Niaga membuka pendaftaran kendaraan dan identitasnya di Website MyPertamina per 1 Juli 2022.

Dari pendaftaran, pengguna akan mendapatkan QR Code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan inisiatif ini dimaksudkan dalam rangka melakukan pencatatan awal untuk memperoleh data yang valid dalam rangka penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran.

“Data pengguna yang terdaftar dan telah mendapatkan QR Code ini adalah bagian dari pencatatan penyaluran Pertalite dan Solar agar bisa lebih tepat sasaran, bisa dilihat trennya, siapa penggunanya. Kami pun tidak mewajibkan memakai aplikasinya, hanya perlu daftar melalui website yang dibuka pada 1 Juli nanti,” kata Alfian pada Kamis, 30 Juni 2022. Saat artikel ini ditulis, aplikasi MyPertamina masih mendapatkan banyak ulasan bintang satu dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Beda dengan Lainnya