Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Juli 2022 | 16:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi mempertegas komitmen dalam menjaga keamanan data pengguna bertepatan dengan berlangsungnya Security and Privacy Awareness Month hari ini.

Keamanan dan privasi data pengguna penting, sehingga belakangan berbagai perusahaan berupaya konsen pada sektor tersebut.

Perusahaan ini telah mengadakan pelatihan karyawan dan seminar yang bertempat di Xiaomi Technology Park, Beijing, China dan juga di Xiaomi Technology Operation Center Singapura.

Tujuan dari rangkaian acara selama sebulan ini adalah untuk meningkatkan keamanan pengguna dan praktik perlindungan privasi, serta membangun kepercayaan pada produk Xiaomi melalui transparansi dan akuntabilitas.

Vice President and Chairman Xiaomi Security and Privacy Committee, Cui Baoqiu menyatakan bahwa keamanan data dan perlindungan privasi data pengguna adalah kunci untuk pengembangan jangka panjang dan berkelanjutan dari bisnis global perusahaan.

"Perlindungan keamanan data dan privasi pengguna kami adalah prioritas utama. Kami menyadari bahwa hal ini adalah isu yang sangat penting bagi pengguna kami. Maka dari itu, Xiaomi berkomitmen untuk menawarkan smartphone Android dan produk IoT yang aman dan andal," ungkap Cui Baoqui.

Director of Android Security Strategy of Google, Eugene Liderman turut menyoroti kontribusi Xiaomi pada sistem Android.

"Salah satu keunggulan Android adalah ekosistem mitra yang beragam. Xiaomi adalah contoh yang luar biasa dan saya antusias melihat kontribusi berkelanjutan mereka dalam menjaga keamanan siber di seluruh portofolio produk mereka", tambahnya.

Tahun ini merupakan tahun ketiga bagi Xiaomi untuk mengadakan pelatihan khusus bagi para engineer dan karyawan lainnya, serta memimpin diskusi dengan para pemimpin industri, pakar keamanan IT, dan juga publik tentang pentingnya keamanan data dan perlindungan privasi pengguna.

Xiaomi juga merilis kebijakan terbaru tentang keamanan dan privasi, bersamaan dengan laporan tahunan yang memaparkan aktivitas keamanan datanya.

Xiaomi telah membangun struktur yang komprehensif untuk melindungi keamanan data dan privasi pengguna yang mana telah melibatkan kerja sama antara pakar keamanan siber, engineer sistem operasi smartphone, pengacara, dan pakar compliance hukum.

Struktur ini berada di bawah pengawasan Komite Keamanan dan Privasi yang dipimpin oleh para eksekutif senior Xiaomi.

Sebagai brand dengan IoT konsumen terbesar di dunia, Xiaomi terus berupaya meningkatkan keamanan IoT dan perlindungan privasi. Xiaomi mengadakan IoT security summit tahunan kelimanya pada tanggal 29 dan 30 Juni 2022 di Beijing.

Para eksekutif dan pakar industri membahas berbagai isu mulai dari kerangka kerja keamanan data dan transfer data lintas batas, serta keamanan kendaraan listrik yang terhubung ke internet, hingga solusi untuk ancaman keamanan rantai pasok perangkat lunak.

Pada acara ini, Xiaomi juga turut mengumumkan bahwa Xiaomi Electric Scooter 4 Pro memperoleh sertifikasi IoT Security Rating Gold level dari Underwriter Laboratories Inc, sebuah lembaga penelitian keselamatan internasional yang berbasis di Amerika Serikat.

Penetapan ini menjadikan Electric Scooter 4 Pro skuter listrik pertama di dunia dengan peringkat keamanan yang tinggi, serta menunjukkan bahwa dasar keamanan pengembangan produk IoT Xiaomi sejalan dengan standar internasional.

Xiaomi membentuk Komite Keamanan dan Privasi data pengguna sejak tahun 2014. Pada tahun 2016, Xiaomi menjadi perusahaan China pertama yang menerima sertifikasi dari TrustArc.

Xiaomi mengadopsi Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR - General Data Protection Regulation) dari penilaian kepatuhan Uni Eropa pada tahun 2018. Kemudian pada tahun 2019, praktik keamanan dan privasi Xiaomi disertifikasi pada ISO/IEC 27001, ISO/IEC 27018.

Tahun lalu Xiaomi juga menerbitkan laporan transparansi pertamanya, menjadikan Xiaomi sebagai brand smartphone Android pertama yang menjalankannya.

Xiaomi tahun ini memperoleh sertifikat pendaftaran NIST CSF (National Institute of Standards and Technology, Cybersecurity Framework), yang semakin memperkuat kemampuan perlindungan keamanan data yang ditawarkan.

Untuk kebijakan dan laporan selengkapnya, silakan kunjungi Xiaomi Trust Center melalui tautan: https://trust.mi.com/ 

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini