Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp kembali mengenalkan fitur baru yang mengamankan penggunananya. Fitur baru WhatsApp ini akan mengamankan pesan rahasia agar tidak bisa direkam maupun screenshot.

Menurut yang diwartakan Suara.com, fitur baru WhatsApp ini memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam atau mengambil screenshot sebuah pesan sekali lihat atau View Once.

CEO Meta, Mark Zuckerberg menyatakan kalau fitur ini dimaksudkan agar pengguna memiliki lebih banyak kontrol atas percakapan mereka dan menambahkan lapisan perlindungan saat mengirim pesan.

"Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," kata Zuckerberg dalam keterangannya, Selasa (9/8/2022).

Cara kerja fitur ini memungkinkan Pesan Sekali Lihat secara otomatis dilindungi dari fitur tangkapan layar (screenshot). Dengan ini, maka pengguna bisa berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)

"Fitur ini sedang diuji dan akan segera diluncurkan," lanjut Mark Zuckerberg.

Fitur Pesan Sekali Lihat atau View Once ini berfungsi agar foto dan video yang dikirim ke penerima akan secara otomatis terhapus apabila pesannya sudah dilihat. Pesan itu juga tak bisa diunduh ke galeri ponsel penerima, berbeda dengan pesan foto atau video biasa.

Tapi pesan itu masih bisa direkam lewat screenshot. Nah dengan ini maka View Once tak bisa lagi direkam atau diabadikan di galeri.

Head of Product WhatsApp, Ami Vora mengatakan, pihaknya terus membangun fitur-fitur produk yang memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak kontrol dan privasi mereka.

"Dalam beberapa tahun ini kami telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman. Fitur-fitur baru ini adalah salah satu cara kami terus memenuhi komitmen untuk menjaga privasi pesan," kata Vora.

"Dengan lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia yang mengandalkan WhatsApp untuk melindungi pesan mereka, WhatsApp berkomitmen untuk menjaga privasi pesan yang dibagikan pengguna dengan jaringan keluarga dan teman dekat mereka," jelas dia.

Itulah fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pesan rahasia aman dari screenshot dengan View Once. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Voice Chat Hadir untuk WhatsApp Grup