Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp Mod dan WA GB menjadi aplikasi yang cukup viral di masyarakat belakangan ini. Namun tahukah kamu apa itu WhatsApp Mod dan WA GB tersebut? Dan ketahui pula apa hubungannya dengan aplikasi WhatsApp yang resmi?

Diwartakan Suara.com, WhatsApp Mod dan WA GB bukanlah aplikasi resmi yang dikeluarkan WhatsApp. Menggunakan aplikasi ini juga memiliki risiko sendiri.

Perlu diketahui, mengunduh dan menggunakan WhatsApp Mod dan WA GB memiliki banyak risiko keamanan data, yang dapat merugikan pengguna. Tapi sebenarnya apa itu WhatsApp Mod dan WA GB yang dimaksud?

Memahami Apa Itu WhatsApp Mod dan WA GB

 Kedua model WA ini merupakan model tidak resmi yang tidak bisa ditemukan pada distributor yang ada sekarang, baik melalui Google Play Store dan App Store. Jadi dengan kata lain, WhatsApp Mod dan WA GB bukan aplikasi resmi yang disediakan oleh perusahaan utamanya, Meta.

Karena statusnya tidak resmi dan bukan merupakan produk dari Meta, maka sederet risiko harus disadari sebelum penggunaan aplikasi ini. Risiko ini akan ditanggung oleh penggunanya, dan sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan agar risiko ini tidak mengancam.

Risiko Penggunaan Aplikasi WhatsApp Tidak Resmi seperti WhatsApp Mod dan WA GB

1. Keberadaan Malware

Karena tidak resmi, bisa saja aplikasi ini disusupi malware atau spyware, yang dapat mengancam keamanan privasi penggunanya. Pada beberapa kasus bahkan malware yang masuk juga merusak sistem perangkat, sehingga membawa kerugian yang tidak sedikit.

Tidak adanya jaminan verifikasi keamanan dari pihak Meta atau pengembang yang kredibel menjadi hal yang memunculkan risiko ini.

2. Jaminan Perlindungan

Seperti diungkapkan di atas tadi, tidak ada perlindungan atau jaminan keamanan yang jelas pada WhatsApp tidak resmi ini. Bahan CEO dari aplikasi resmi menyebutkan bahwa peringatan keras pada pengguna WhatsApp tidak resmi, sebab jaminan perlindungannya tidak benar-benar disediakan dan diverifikasi pihak terkait.

3. Rentan Pemblokiran

Secara langsung, penggunaan WhatsApp tidak resmi juga menyalahi kebijakan dari WhatsApp, sehingga memiliki risiko besar pemblokiran. Akun yang dimiliki dapat diblok oleh pihak WhatsApp karena dianggap melanggar peraturan yang berlaku.

Pemblokiran akun WhatsApp di era sekarang ini akan membawa kerepotan yang luar biasa, karena hampir semua urusan bisnis dilakukan di platform ini. Maka dari itu, selalu gunakan WhatsApp resmi, yang sudah terjamin dan terverifikasi.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai apa itu WhatsApp Mod dan WA GB. Semoga bisa menjadi sedikit informasi berguna untuk Anda, dan menyadarkan Anda bahwa penggunaan kedua aplikasi tidak resmi tersebut membawa risiko yang besar.

Karena itu gunakan aplikasi WhatsApp yang resmi saja dan lebih baik hindari aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Mod dan WA GB. (Suara.com/ I Made Rendika Ardian).

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan WhatsApp Dibandingkan dengan Aplikasi Chatting Pesaing Lainnya