Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek resmi mengumumkan penambahan portofolio teknologi 5G baru mereka. Yakni platform MediaTek T830 yang bisa dugnakan untuk  router fixed wireless access (FWA) 5G dan peralatan terminal pelanggan (customer-premise equipment/CPE) hotspot seluler. 

MediaTek T830 dibangun dengan modem M80 MediaTek yang mendukung kemampuan Release 16 tingkat lanjut untuk operasional pada pita sub-6GHz, sehingga menjadikan platform ini ideal untuk jaringan 5G di seluruh dunia.

Di tingkat produsen perangkat, desain MediaTek T830 sangat terintegrasi dan ringkas sehingga menghemat penggunaan daya besar dan mengurangi waktu juga biaya pengembangan.

MediaTek T830 juga memungkinkan operator seluler memberikan kecepatan 5G hingga 7Gbps langsung menggunakan infrastruktur seluler pada sub-6GHz—ini akan mengurangi biaya penggunaan teknologi kabel seperti kabel atau serat optik.

Di sisi lain, konsumen juga bisa menikmati layanan internet supercepat dari perangkat kecil yang bisa dipasang sendiri. Dengan begitu, ini bisa menjadi solusi mengurangi kerumitan waktu pemasangan yang lama untuk broadband saluran tetap (fixed line broadband).

"Sebagai pemimpin dalam solusi 5G CPE, MediaTek bekerja sama dengan operator Tier-1 di seluruh dunia untuk menghadirkan konektivitas yang cepat dan andal bagi konsumen dan bisnis," kata JC Hsu, Corporate Vice President and General Manager MediaTek pada unit bisnis komunikasi nirkabel.

"Platform yang sangat terintegrasi ini mewakili kemajuan terkini dari konektivitas 5G dan Wi-Fi juga memungkinkan pelanggan kami membangun produk 5G CPE multi-gigabita berkinerja tingkat tinggi dalam ukuran sekecil mungkin." lanjutnya.

Platform MediaTek T830 ini mencakup SoC utama dengan modem seluler 3GPP Release-16 5G yang terintegrasi dengan CPU Quad-core Arm Cortex-A55, sub-6GHz RF transceiver, GNSS receiver, dan PMIC (power management integrated circuits) terkait.

Pada SoC utama juga memiliki Network Processing Unit (NPU) built-in dan mesin offload Wi-Fi untuk mendukung kecepatan perutean multi-gigabita antara seluler jaringan 5G ke Ethernet atau Wi-Fi, tanpa keterlibatan CPU, sehingga menawarkan manfaat kecepatan dan efisiensi daya.

Hal lain yang juga perlu diketahui, pelanggan MediaTek memiliki pilihan untuk memasangkan MediaTek T830 dengan berbagai pilihan solusi pemenang penghargaan konektivitas Wi-Fi Filogi. Untuk router 5G FWA, T830 juga bisa digabungkan dengan Filogic 680 (Tri-band 4x4 Wi-Fi 7).

Sementara, hotspot seluler jaringan 5G, MediaTek T830 bisa diinstal dengan Filogic 380 (dual-band 2x2 Wi-Fi 7). Semua solusi ini menawarkan kemampuan terbaik di kelasnya untuk fitur Wi-Fi 7 baru, seperti MLO (Multi-Link Operation) dan dukungan untuk saluran lebar 320 MHz.

Ada pun fitur lain MediaTek T830, antara lain:

  • Modem M80 built in mengintegrasikan teknologi 5G UltraSave MediaTek untuk menjamin efisiensi energi  saat terkoneksi jaringan 5G.
  • Kemampuan seluler modem M80 juga mencakup dukungan jaringan 5G NSA/SA, dengan koneksi sub-6GHz hingga 4CC-CA ditambah dukungan campuran duplex FDD/TDD.
  • Dukungan untuk dual 5G SIM (DSDS), bergantung pada persyaratan produsen perangkat seluler.
  • Konektivitas peripheral mencakup pengontrol kompleks root PCI -Express 3x, USB 3.2, dua antarmuka 10GbE USXGMII, ditambah berbagai antarmuka PCM/SPI untuk saluran telepon RJ11.
  • 3D GPU terintegrasi dengan driver tampilan.
  • Dukungan untuk RDK-B, prplOS, dan OpenSync untuk memenuhi beragam spesifikasi OS framework terbuka dari operator seluler Tier-1.

BACA SELANJUTNYA

Perluas Wi-Fi 7 secara Mainstream, MediaTek Hadirkan Filogic Generasi Kedua