Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 25 September 2022 | 09:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat modern banyak yang memiliki smartphone sehingga mereka mulai meninggalkan telepon umum dan telepon rumah. Sebuah foto jadul mengenai antrean di telepon umum pada tahun 1990-an ini sukses bikin netizen nostalgia.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional membagikan foto hitam putih yang menampilkan keriuhan di telepon umum. Banyak orang dewasa dan anak muda nampak mengantre untuk menggunakan telepon umum.

"Era berkomunikasi dengan alat telekomunikasi umum, bisa berlama-lama menelepon tergantung seberapa banyak receh di kantong bukan pulsa atau kuota, tak khawatir diretas, paling didengar oleh orang yang berdiri dekat si penelepon," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Itu adalah salah satu foto yang pernah dimuat pada surat kabar lawas di tahun 1993. Foto jadul ini merupakan arsip yang masuk sebagai Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

Foto jadul menampilkan antrean masyarakat Jakarta yang menggunakan telepon umum. Mereka menggunakan telepon umum untuk menghubungi saudara, keluarga dan orang terdekat karena tidak bisa bertemu secara langsung.

Foto jadul antrean di telepon umum pada tahun 1990-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Keberadaan telepon umum menggunakan koin serta wartel (warung telepon) masih banyak dijumpai pada era 1990 hingga tahun 2000.

Meski begitu, wartel dan telepon umum kini sudah jarang ditemukan seiring keberadaan telepon rumah serta HP pintar yang menjamur.

Ketika zaman telepon umum masih menjamur, terdapat layanan Si Poncil (Si Telepon Cilik) yang cukup legendaris.

Foto jadul antrean di telepon umum pada tahun 1990-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Netizen generasi old biasanya cukup iseng menelepon Si Poncil ketika SD mengingat suaranya yang lucu dan penuh program khas anak-anak. Foto jadul antrean di telepon umum pada tahun 1990-an mendapat beragam komentar dari netizen.

"Harus antre bikin kesal, dan tak pernah sepi. Alhamdulillah masa itu telah berakhir tapi kini tinggal kenangan," kata Ron**d* C**ndra.

"Kalau menelepon kadang dapat barang orang yang ketinggalan di atas box (emoticon tertawa)," kenang Dir**n Al**b.

Foto jadul remaja 1993 ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ @perfectlifeid)

"Sekarang sudah langka karena banyak orang pakai HP," komentar Zi**t P**s.

"Kalau koin penuh, gebrak bagian samping pasti kelar tuh duitnya," tulis Rusm**i J**a. Itulah tadi foto jadul antrean di telepon umum pada tahun 1990-an yang membuat netizen bernostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli