Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 27 September 2022 | 12:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat perlu berhati-hati apabila membeli HP atau smartphone di toko online tak resmi. Customer ini hampir saja tertipu karena membeli HP RAM 12 GB dengan harga Rp 1 jutaan.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @bagoesvlog membagikan momen saat ia mengantarkan paket ke pelanggan. Akun @bagoesvlog kerap mengunggah keseharian kurir ketika mengantar paket.

"Lagi! Penipuan paket isinya HP abal-abal," tulis @bagoesvlog pada caption. Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 24 juta kali dan memperoleh 2 juta tanda suka.

Kita bisa melihat seorang kurir yang mengantarkan paket berisi smartphone. Rupanya ia mengantarkan HP yang diklaim memiliki RAM 12 GB dan memori internal 512 GB.

HP tersebut dibanderol dengan harga sangat murah yaitu Rp 1 jutaan saja. Mengetahui ada hal yang mencurigakan, kurir paket itu meminta pelanggan untuk melakukan retur saja.

Kurir ini bikin netizen salut berkat aksinya mencegah penipuan terkait HP RAM 12 GB harga Rp 1 jutaan. (TikTok/ @bagoesvlog)

Ia mengunjungi rumah namun hanya bertemu dengan seorang nenek. Rupanya seseorang yang memesan HP murah RAM 12 GB itu adalah cucu dari nenek tersebut. Kurir lantas menelepon cewek yang memesan HP Rp 1 jutaan ini.

"Mbak, kalau saya boleh tahu, Anda beli HPnya di mana? Nah, Jakarta Barat ya. Ini kan harganya lumayan ya mbak. Aku konfirmasi aja, takutnya isinya nggak sesuai. Ini HP RAM 12 GB yang memorinya 512 GB," tanya sang kurir paket.

"Iya, saya kirim SS ke masnya," balas customer. "Kalau boleh saran ya mbak. Itu HP-nya nggak sesuai, karena sudah banyak kasus penipuan yang membeli HP itu. Daripada sampeyan (Anda) rugi dan nyesel, ini tak proses retur saja ya mbak. Daripada kena tipu nanti," ungkap kurir paket.

Customer akhirnya setuju dan mengikuti saran kurir. Puluhan ribu netizen mengaku salut dengan aksi kurir yang mencegah tindak penipuan. SS atau screenshot dari customer memperlihatkan penjual yang mengiklankan iPhone 12 Pro Max.

Kurir ini bikin netizen salut berkat aksinya mencegah penipuan terkait HP RAM 12 GB harga Rp 1 jutaan. (TikTok/ @bagoesvlog)

Perangkat ditulis memiliki RAM 12 GB dan memori internal 512 GB. Sebagai informasi, iPhone 12 Pro Max mengusung chipset A16 Bionic (4 nm) yang dipasangkan dengan RAM 6 GB dan opsi memori internal dari 128 GB hingga 1 TB.

iPhone 12 Pro Max termurah dibanderol mulai dari Rp 20 juta. Tentu harga tersebut terpaut sangat jauh dari banderol Rp 1 jutaan.

Smartphone dengan harga Rp 1 jutaan biasanya menawarkan spesifikasi entry-level. Perangkat biasanya memiliki RAM 3 GB hingga RAM 4 GB di rentang Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Smartphone dengan RAM 12 GB biasanya dibanderol dengan harga Rp 7 juta ke atas. HP yang mengusung RAM 12 GB menyasar segmen flagship dan bukan entry-level dengan harga Rp 1 jutaan.

Ilustrasi jual beli online. (Pixabay/ mohamed Hassan)

Postingan video viral mengenai kurir yang mencegah tindak penipuan ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Dari 1.000 cuma 1 tukang paket kayak gini (emoticon cinta)," kata @Wi**iNa**la317.

"Salut, baik banget mas kurirnya," puji @ka**na**ro.

"Pertahanin mas jiwa-jiwa kayak gini. Sukses terus," komentar @us**22**02.

"Kurirnya cerdas dan dermawan. Semoga rezekinya tambah lancar," doa @abb**oc*i. Postingan video viral mengenai kurir paket yang mencegah tindak penipuan terkait HP RAM 12 GB Rp 1 jutaan bisa dilihat melalui LINK INI. 

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen