Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 27 September 2022 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara membuat kop surat dengan Google Docs sebenarnya cukup sederhana. Cara membuat kop surat dengan Google Docs penting diketahui bagi kamu yang ingin membuat surat resmi. Kop surat penting untuk mewakili identitas sebuah organisasi, lembaga, atau perusahaan.

Google Docs merupakan software pengolah kata yang berfungsi seperti Microsoft Word. Google Docs memiliki beberapa kelebihan dibanding Microsoft Word. Beberapa orang mengatakan bahwa Google Documents tidak memiliki fitur yang lengkap.

Namun itu semua salah, Google Docs juga memiliki beberapa fitur menarik. Salah satunya dapat membantu kamu membuat kop surat. Kop surat muncul di bagian atas korespondensi dan menyertakan nama atau afiliasi perusahaan dan informasi kontak.

Menggunakan kop surat berkualitas profesional akan membuat kamu menonjol di mata klien. Berikut cara membuat kop surat dengan Google Docs yang Tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Aplikasi Word di iPhone - Google Docs. (Apple App Store)

Cara Membuat Kop Surat dengan Google Docs

  • Buka Google Docs dan pilih Blank untuk memulai dokumen baru.
  • Klik menu Insert dan pilih Header untuk melihat area header dokumen.
  • Untuk menambahkan logo atau ikon perusahaan ke kop surat, klik menu Sisipkan dan pilih Gambar. Kamu dapat memilih untuk mengunggah dari komputer, melalui URL, dan Google Drive.

Catatan: Jenis file gambar yang saat ini didukung oleh Google Documents adalah *.JPG, *.JPEG, *.GIF, *.PNG.

  • Gambar akan muncul di bagian header dokumen.
  • Pilih gambar untuk mengubah ukurannya, pastikan itu tetap berada di dalam margin kertas.
  • Sekarang kamu dapat memasukkan informasi yang diperlukan untuk perusahaan, termasuk nama, informasi kontak, dan alamatnya. Kamu juga dapat menyertakan footer untuk desain kop surat kamu.

Cara Membuat Kop Surat dengan Template Google Docs

  • Buka Google Documents dan periksa template yang tersedia di Galeri Template.
  • Klik opsi Galeri Template untuk melihat template yang tersedia untuk Google Documents. Template sudah di kelompokan, sesuai dengan penggunaan dan kategorinya.
  • Cari template Surat di tab Umum dan pilih dari yang tersedia untuk mulai membuat desain kop surat.
  • Buka template dengan mengklik desain yang kamu inginkan. Kamu sekarang dapat mengedit isi kop surat dengan mengedit tempat penampung teks tiruan.

Catatan: Jika tidak ada template yang tersedia di platform Google yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa mencarin berbagai template di web.


Itulah cara membuat kop surat dengan Google Docs yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Mission EVO Rilis di Google Play Store, Game Survival Shooter Terbaru