Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 06 Oktober 2022 | 17:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - HP RAM 12 GB dengan merek cukup unik sering berseliweran di TikTok. Beberapa penjual online nampak menjajakan HP RAM 12 GB itu dengan harga Rp 1 jutaan.

Bagi yang masih awam mengenai smartphone, mereka mungkin berpikir terkait bagaimana kualitas HP RAM 12 GB Rp 1 jutaan ini.

Pengalaman dari tech reviewer dan testimoni dari kurir paket pada video viral bisa menjadi jawabannya. Pengguna Facebook dengan akun bernama Ade membagikan screenshot penjual yang sedang live di TikTok.

Penjual itu menawarkan HP dengan harga sangat murah. Kita bisa melihat penjual memberikan promo potongan harga dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Setelah ditelusuri, akun TikTok @mest**s**p memang menawarkan beragam smartphone dengan merek unik yang dibanderol sangat miring. Merek yang ditawarkan termasuk Rino 8 dan PQCQ (versi KW dari Oppo Reno8 dan POCO).

Penjual yang menawarkan HP RAM 12 GB seharga Rp 1 jutaan ini dicurigai netizen. (TikTok via Facebook Ade)

Meski begitu, banyak netizen yang mencurigai toko online tersebut. Toko online ini menawarkan HP RAM 12 GB dengan harga Rp 1,1 juta.

HP bermerek Rino 8 itu memiliki layar 7,5 inci dengan penyimpanan internal 512 GB. Spesifikasi terlihat cukup mewah. Bahkan ukuran layarnya melebihi dimensi panel tablet 7 inci.

Tech reviewer populer Indonesia sekaligus pemilik channel YouTube GadgetIn, David Brendi, pernah mengunggah video terkait HP murah yang populer di TikTok.

David membeli HP di TikTok dengan merek Note11 Pro Plus. Deskripsi pada iklan menyebutkan bahwa HP di TikTok itu mengusung spesifikasi RAM 12 GB, memori internal 512 GB, layar 7,5 inci dan baterai 5.000 mAh.

HP RAM 12 GB Rp 1 jutaan, versi KW dari Xiaomi. (YouTube/ GadgetIn)

Itu adalah versi KW dari Redmi Note 11 Pro Plus milik Xiaomi. Bentuk kamera sangat mirip seperti Redmi Note 11 Pro.

Tech reviewer itu meragukan kualitas charger dan baterai pada HP murah "Note11 Pro Plus". Menu spesifikasi pada smartphone mengklaim bahwa perangkat membawa prosesor deca-core, RAM 12 GB, dan ROM 512 GB.

Deskripsi deca-core sangat mencurigakan karena smartphone saat ini biasanya memiliki prosesor octa-core. Meski diklaim membawa RAM 12 GB, HP di TikTok itu justru lemot ketika menjalankan aplikasi YouTube. Menurut David, kamera memiliki kualitas setara HP entry-level di tahun 2015 hingga 2016.

"Kesimpulannya, jangan beli. Cukup saya aja yang beli ngeluarin Rp 1 juta," kata David Brendi sebelum menutup videonya.

Kurir paket dengan akun TikTok @bagoesvlog membagikan video saat ia mengantarkan barang ke pelanggan. Salah satu pelanggan ternyata memesan "iPhone 14 Pro Max" dengan klaim spesifikasi RAM 12 GB dan memori internal 512 GB.

Akun @bagoesvlog mengungkap bahwa ia kerap menjumpai pelanggan yang tergiur membeli HP RAM 12 GB Rp 1 jutaan. Ia menyarankan agar pelanggan melakukan proses retur agar tidak terkena penipuan.

Produk yang dipesan oleh pelanggan di e-commerce itu mirip seperti HP abal-abal di TikTok.

"Kalau boleh saran ya mbak. Itu HP-nya nggak sesuai, karena sudah banyak kasus penipuan yang membeli HP itu. Daripada sampeyan (Anda) rugi dan nyesel, ini tak proses retur saja ya mbak. Daripada kena tipu nanti," ungkap akun @bagoesvlog.

Kurir ini bikin netizen salut berkat aksinya mencegah penipuan terkait HP RAM 12 GB harga Rp 1 jutaan. (TikTok/ @bagoesvlog)

Smartphone dengan harga Rp 1 jutaan biasanya menawarkan spesifikasi entry-level. Perangkat biasanya memiliki RAM 3 GB hingga RAM 4 GB di rentang Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Smartphone dengan RAM 12 GB biasanya dibanderol dengan harga Rp 7 juta ke atas. HP yang mengusung RAM 12 GB menyasar segmen flagship dan bukan entry-level dengan harga Rp 1 jutaan.

Itulah tadi penjelasan mengenai HP RAM 12 GB Rp 1 jutaan yang marak dijual di TikTok, jangan sampai kalian membeli HP berkualitas abal-abal ya!

BACA SELANJUTNYA

Netizen TikTok Bongkar Kelakuan Onad, Pernah Ngamuk-ngamuk Hingga Bentak Kru?