Minggu, 29 Januari 2023
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 13 Oktober 2022 | 15:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perlu mencari pengganti Twitter untuk membantunya menyampaikan pendapat, Trump meluncurkan Truth Social Februari lalu dan tujuh bulan kemudian itu adalah aplikasi media sosial paling populer ke-25 di App Store.

Dilansir dari Phone Arena, aplikasi yang dikembangkan oleh Trump Media & Technology Group (perusahaan Trump baru yang didirikan Oktober lalu) sebelumnya sempat dilarang terdaftar di Google Play Store karena kebijakan Google yang melarang daftar aplikasi yang memiliki konten kekerasan dan menghasut kekerasan.

Seorang juru bicara Google mengatakan, "Aplikasi dapat didistribusikan di Google Play asalkan mematuhi pedoman developer kami, termasuk persyaratan untuk memoderasi konten buatan pengguna secara efektif dan menghapus postingan yang tidak pantas seperti yang memicu kekerasan."

Larangan untuk mendaftarkan Truth Social di Android telah secara efektif mencegah 44% orang Amerika melihat postingan Trump di aplikasinya sendiri.

Ada cara mengatasi larangan tersebut termasuk penggunaan aplikasi browser di Android untuk menggunakan situs web Truth Social.

Atau dengan menggunakan toko aplikasi pihak ketiga, aplikasi Truth Social dapat dimuat ke ponsel Android.

Tetapi tidak satu pun dari metode tersebut diperlukan lagi karena Google sekarang telah mengizinkan Truth Social muncul di Play Store (namun saat berita ini ditulis, media sosial tersebut belum bisa ditemui di regional Indonesia).

Google menuntut agar aplikasi dengan konten kekerasan dan perilaku menghina, memiliki kebijakan untuk mencegah masalah ini terjadi.

Pada awalnya, Truth Social tidak memiliki kebijakan yang diperlukan untuk menangani konten kekerasan dan penyalahgunaan, dan sebagai hasilnya, ia tidak dapat menegakkan kebijakan yang tidak dimilikinya.

Tetapi sekarang tampaknya Truth Social dapat memenuhi persyaratan Google untuk listingan Play Store.

Di Google Play Store, Truth Social menulis, "Truth Social adalah alternatif Big Tech yang mendorong percakapan global yang terbuka, bebas, dan jujur tanpa mendiskriminasi ideologi politik. Bergabunglah dengan platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat hari ini dan biarkan suara Anda didengar."

BACA SELANJUTNYA

Google Bubuhkan Fitur Fingerprint Unlock di Incognito Mode pada Chrome