Minggu, 05 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Oktober 2022 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word sangat berguna bagi kamu yang sedang menulis jurnal ilmiah. Gunakan tutorial Microsoft Word yang telah dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Catatan kaki memberikan berbagai fungsi di dalam penulisan suatu karya tulis. Catatan kaki memberikan apresiasi dan penghargaan kepada penulis terhadap daftar sumber rujukan yang dimiliki untuk menulis karya tulis.

Cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word mudah dilakukan. Meski mudah masih ada beberapa pengguna yang masih belum mengetahui caranya. Catatan kaki muncul di bagian bawah, atau kaki, setiap halaman dalam dokumen.

Catatan kaki memiliki dua bagian yang saling terkait: tanda referensi catatan (biasanya angka) dan catatan kaki yang sesuai.

Microsoft Word secara otomatis memberi nomor catatan kaki untuk kamu, jadi saat kamu menambahkan, menghapus, atau memindahkan catatan, catatan tersebut secara otomatis diberi nomor ulang.

Berikut cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word yang Tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word ini untuk kamu.

Microsoft Word. (Microsoft)

Cara Menambahkan Catatan Kaki di Microsoft Word

  • Tempatkan kursor di tempat kamu ingin menyisipkan catatan kaki.
  • Klik tab Referensi.
  • Buat Catatan Kaki dan Catatan Akhir
  • Klik tombol Sisipkan Catatan Kaki.
  • Nomor referensi ditempatkan dalam teks, dan catatan kaki atau catatan akhir baru dibuat. Dipindahkan ke catatan kaki, sehingga kamu dapat mengetik referensi.
  • Ketik catatan kaki.

Ubah Properti Catatan Kaki

  • Klik peluncur kotak dialog group Catatan Kaki pada tab Referensi.
  • Kotak dialog Catatan Kaki berisi opsi untuk mengontrol bagaimana catatan kaki dan catatan akhir muncul.
    1. Lokasi: Pilih Catatan Kaki atau Catatan Akhir, lalu klik panah Daftar lokasi dan pilih tempat catatan kaki dan catatan akhir muncul. Anda juga dapat mengklik tombol Konversi untuk mengkonversi semua catatan kaki menjadi catatan akhir, atau sebaliknya.
    2. Tata letak catatan kaki: Pilih apakah catatan kaki muncul dengan tata letak kolom yang sama dengan teks isi atau bertindak secara independen.
    3. Format: Pilih format angka atau simbol khusus untuk menandai catatan kaki atau catatan akhir, pilih nomor awal, dan kontrol apakah penomoran dimulai ulang pada setiap halaman atau bagian baru.
    4. Terapkan perubahan: Pilih apakah opsi yang Anda terapkan memengaruhi seluruh dokumen atau hanya bagian yang dipilih.
  • Sesuaikan opsi seperti yang kamu inginkan.
  • Klik Terapkan.
  • Opsi yang dipilih diterapkan ke catatan kaki, di bagian yang dipilih atau di seluruh dokumen.

Itulah cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word yang bisa kamu coba untuk berbagai karya tulis. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word