Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 09 November 2022 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm makin serius menggarap CPU untuk desktop atau PC dengan mengandalkan arsitektur ARM. Bahkan untuk bisa membuatnya, sampai merekrut mantan insinyur Apple.

Qualcomm sendiri telah membuat chipset yang ditujukan untuk PC pada tahun lalu, namun masih menggunakan desain dari produk yang dihadirkan ke smartphone.

Diwartakan Suara.com, seorang sumber terpercaya yang mengetahui masalah tersebut mengklaim bahwa Qualcomm akhirnya akan menganggap serius proyek tersebut.

Laporan tersebut mengklaim bahwa kita akan melihat CPU desktop dari Qualcomm pada 2024 dan diberi nama kode "Hamoa", yang akan membantu kita melacak kebocoran chip tersebut di masa mendatang.

Chip Hamoa akan memiliki 12 core CPU dalam konfigurasi 8+4. Cluster besar terdiri dari delapan core performance, sedangkan empat cluster sisanya adalah effisiensi core.

Laporan tersebut juga menyebut kalau CPU desktop dari Qualcomm ini juga akan mendukung GPU diskrit.

Kabarnya, Qualcomm akan menggunakan desain inti Phoenix Nuvia, yang dikembangkan oleh mantan insinyur Apple yang bekerja pada chip Apple berbasis ARM saat ini.

Logo Qualcomm. (Qualcomm)

Qualcomm mengakuisisi startup Nuvia beberapa waktu lalu sehingga tidak mengherankan bahwa perusahaan akan menggunakan arsitektur baru.

Dilansir laman GSM Arena, Selasa (8/11/2022), chip ini menjanjikan peningkatan kinerja 50 hingga 100 persen dalam batas 5-watt per inti. Itu tentu saja berdasarkan angka masing-masing dari 2020.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa kinerjanya "sangat menjanjikan" sehingga kita akhirnya bisa melihat pengalaman Windows berbasis ARM yang tepat dalam beberapa tahun ke depan.

Kita tunggu saja perkembangan yang dihadirkan Qualcomm apakah bisa meluncurkan CPU desktop berbasis ARM pada 2024 mendatang. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Mau Helat Snapdragon Summit, Qualcomm akan Luncurkan 8 Gen 3 dan Chipset PC Baru?