Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 09 November 2022 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masih menggunakan televisi model lawas atau yang belum mendukung siaran tv digital DVB-T2? Kamu harus menggunakan Set top Box atau STB untuk menjadikan televisi kamu bisa menangkap siaran TV digital di Indonesia.

Untuk saat ini menggunakan perangkat STB menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengakses siaran TV digital selain ganti model TV terbaru.

Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo sendiri sudah mulai mematikan siaran TV analog mulai 2 november 2022. Dengan demikian, masyarakat tidak lagi dapat mengakses siaran TV analog.

Untuk bisa mendapatkan perangkat Set top Box atau STB, masyarakat sebenarnya bisa membelinya di berbagai marketplace.

Hanya saja untuk lebih yakin, kamu bisa membeli STB TV digital yang sudah bersertifikasi Kominfo. Namun berapa harga STB bersertifikasi Kominfo yang tersedia di pasaran.

Selain itu, pastikan terlebih dahulu bahwa STB telah mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial), standar penangkap penyiaran sinyal digital di Indonesia.

Untuk mengeceknya kamu dapat menuju laman resmi siarandigital.kominfo.go.id lengkap soal informasi siaran TV digital di sana..

Set Top Box Polytron DVB – T2 [ PDV 700T2]. (Polytron)

Berikut daftar harga STB bersertifikasi Kominfo berdasarkan penelusuran dari sejumlah Marketplace dengan harga Rp 300 ribuan:

  • NEXTRON NT2000-D: Rp 300.000
  • CBM BSTB-2201: Rp 310.000
  • AKARI ADS-210: Rp 329.000
  • ICHIKO 8000HD: Rp 385.000

Sebagai informasi, harga STB bersertifikasi Kominfo sebenarnya ditawarkan dengan harga yang bervariatif. Ada berbagai pilihan yang tersedia di marketplace.

Pastikan juga perangkat STB yang hendak dibeli sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan untuk mengakses layanan TV digital.

Itulah daftar harga STB bersertifikasi Kominfo yang bisa membuat televisi kamu mendukung siaran TV digital. Pastikan kamu mendapatkan perangkat yang mendukung. (Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan)

BACA SELANJUTNYA

Terkait Kasus Korupsi BTS, Kejaksaan Agung RI Panggil Menkominfo