Jum'at, 03 Februari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 14 November 2022 | 16:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sudah menjadi pemandangan yang lumrah apabila pejabat memegang smartphone flagship Apple atau Samsung. Bukan iPhone atau HP Galaxy S series, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi ternyata mengandalkan HP BlackBerry.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @mizaaarr membagikan rekaman dari salah satu stasiun TV. Video lantas menyoroti smartphone "anti mainstream" yang dipegang oleh Menlu Indonesia, Retno Marsudi.

"HP-nya bu menteri bukan main! Anak sekarang nggak tahu brand ini, wkwkw," tulis @mizaaarr pada caption.

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 900 ribu kali dan memperoleh 33 ribu tanda suka.

Kita bisa melihat detik-detik saat Retno Marsudi turut mendampingi Jokowi pada acara KTT G20 di Bali. Netizen lantas menyoroti smartphone yang digenggam oleh Menlu Indonesia tersebut.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memakai HP Blackberry. (TikTok/ @mizaaarr)

"iPhone (nope). Samsung (nope). BB (yes). HP-nya bu menteri nih! Senggol dong," bunyi keterangan pada video. Sebagai informasi, BlackBerry sudah keluar dari jajaran lima besar smartphone terlaris dari beberapa tahun yang lalu.

Pengguna BlackBerry pun cukup jarang ditemukan pada saat ini. Pengguna smartphone kebanyakan memilih perangkat bermerek Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo dan Vivo.

HP premium iPhone atau Galaxy S series kerap dipakai oleh tokoh ternama hingga para artis. Tak semua seperti itu, Retno Marsudi ternyata masih mengandalkan HP BlackBerry.

Kita tentu ingat bahwa HP BB dan fenomena pertukaran pin BBM pernah booming di Tanah Air pada kisaran tahun 2008 hingga 2012. Meski begitu, popularitas BlackBerry turun setelah smartphone Android mulai mendominasi pasar.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memakai HP Blackberry. (TikTok/ @mizaaarr)

Belum diketahui terkait rincian model smartphone BlackBerry yang dipegang oleh Retno Marsudi. Dilihat dari bodi belakang ponsel, perangkat itu diduga merupakan HP flagship BlackBerry Key series (kemungkinan Key2 atau Key2 LE).

Penelitian dari Trend Micro pada beberapa tahun lalu pernah mengungkap bahwa Blackberry merupakan OS paling aman sementara Android adalah OS paling rentan terkait tingkat keamanannya.

Sistem yang telah terenkripsi secara maksimal membuat BlackBerry susah dibobol oleh pihak ketiga.

Meski pernah mengandalkan sistem operasi sendiri, namun beberapa HP BlackBerry nyatanya juga ada yang mengadopsi OS Android.

Mantan Presiden AS, Barack Obama, pernah terekam menggunakan HP BlackBerry sebelum ia akhirnya memilih iPhone.

Logo BlackBerry. (BlackBerry)

Postingan video mengenai Menteri Luar Negeri Indonesia yang menggunakan HP BB tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

"Sebelum iPhone menyerang. Anak-anak zaman dulu rebutan pengen dibeliin BB," kata @ur**p**nes.

"BlackBerry banyak dipakai orang penting sama petinggi perusahaan karena keamanannya salah satu yang terbaik," pendapat @gu**ri*s.

"Itu berarti dia utamakan fungsi bukan gengsi. Kalau gaya-gayaan beliau pasti punya banyak uang buat beli iPhone 14 Pro Max," balas @okk**i**ks*na.

Postingan video viral mengenai smartphone BlackBerry milik Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi tersebut bisa dilihat melalui LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Galaxy Unpacked Digelar Sebentar Lagi, Rincian Memori Galaxy S23 Bocor ke Publik