Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 17 November 2022 | 10:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini adalah perbandingan Realme Pad Mini dan Samsung Galaxy Tab A8 WiFi yang mungkin sedang kamu cari. Realme Pad Mini vs Samsung Galaxy Tab A8 WiFi, dua tablet murah yang resmu beredar di pasaran.

Meskipun tidak semasif ponsel namun popularitas tablet tidaklah surut. Biasanya gadget yang satu ini digunakan untuk mereka yang sering bekerja dengan laptop namun menolak membawa laptop karena berat.

Selain itu, tablet juga menjadi alat utama para desainer grafis untuk mengerjakan proyek di manapun tanpa terkecuali.

Selain iPad, Realme Pad Mini dan Samsung Galaxy Tab A8 WiFi juga menjadi dua gadget yang layak buat kamu pertimbangkan untuk dibeli pada tahun 2022 ini.

Namun jika kamu bingung memilih mana yang terbaik di antaranya, cek ulasan Realme Pad Mini vs Samsung Galaxy Tab A8 WiFi yang telah dirangkum tim Hitekno.com di bawah ini.

Desain dan layar 

Samsung Galaxy Tab A8 WiFi. (Samsung)

Jika dilihat dari desain layar, kedua tablet ini mirip. Keduanya sama-sama belum menggunakan teknologi bezel less. Meski demikian, itu tak mengurangi kecantikan keduanya.

Realme Pad Mini hadir dengan layar sentuh LCD IPS 8,7 inci. Dimensi perangkat adalah 211,8 x 124,5 x 7,6 mm dan beratnya 372 gram. 

Sementara Samsung Galaxy Tab A8 WiFi dibekali dengan layar berukuran 10,5 inci yang memiliki layar sentuh kapasitif TFT. Tablet ini menyediakan resolusi 1200 x 1920 piksel.

Perbedaan bisa dilihat di bagian belakang, itupun hanya soal desain kamera belakang yang membuat keduanya berbeda.

Spesifikasi dan jeroan

Harga Realme Pad Mini dibanderol Rp 2 jutaan. (Realme Indonesia)

Beralih ke jeroan, Realme Pad Mini dibekali dengan chipset prosesor Unisoc Tiger T616 Octa-core. Perangkat pintar berjalan pada sistem operasi Android 11. 

Unisoc Tiger T616 adalah SoC inti okta level awal dengan dua inti ARM Cortex A75 yang cepat hingga 2 GHz dan enam inti ARM Cortex A55 yang hemat daya hingga 1,8 GHz. 

SoC selanjutnya mencakup modem LTE (TDD-LTE, FDD-LTE, TDSCDMA, WCDMA, CDMA, GSM), pengontrol memori LPDDR4x 1866 MHz dan GPU ARM Mali G57MP1 (750 MHz max) dan ISP dual core (24 dan dukungan 8 MPixel). 

Chip ini diproduksi di TSMC dalam FinFET 12nm.  Tablet ini dikemas dengan RAM 3 GB dan 4 GB sedangkan opsi penyimpanan internal adalah 32 GB dan 64 GB. Namun bisa ditingkatkan dengan microSDXC (dedicated slot).

Sementara Galaxy Tab A8 WiFi mengusung  prosesor Unisoc Tiger T618 dan tablet ini memiliki varian RAM 3 GB dan 4 GB RAM dan 32 GB, 64 GB, dan 128 GB penyimpanan internal. 

Unisoc Tiger T618 sendiri adalah SoC inti okta level awal dengan dua inti ARM Cortex A75 yang cepat hingga 2 GHz dan enam inti ARM Cortex A55 yang hemat daya hingga 2 GHz. 

SoC selanjutnya mencakup modem LTE (TDD-LTE, FDD-LTE, TDSCDMA, WCDMA, CDMA, GSM), pengontrol memori LPDDR3-933 / LPDDR4x-1866 dan GPU ARM Mali G52MP2 dan ISP tri core. 

Chip ini diproduksi di TSMC dalam FinFET 12nm. Akselerasi AI ditangani oleh prosesor sinyal digital visual (VDSP) dengan clock hingga 936 MHz.

Kamera dan baterai

Tablet Samsung Galaxy Tab A8. (Samsung)

Realme Pad Mini terdiri dari kamera tunggal di bagian belakang beresolusi 8 MP sedangkan di bagian depan juga terdapat kamera tunggal 5 MP. Tablet pintar ini dilengkapi dengan sensor seperti Accelerometer dan proximity.

Realme menyematkan baterai Li-Po 6400 mAh yang tidak dapat dilepas. Selain itu, ia hadir dengan Fast charging 18W + Reverse charging. Ini tersedia dalam dua warna, abu-abu dan biru.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab A8 Wifi memiliki oleh baterai Li-Po 7040 mAh yang tidak dapat dilepas + Pengisian cepat 15W. Tablet ini hadir dalam dimensi 246.8 x 161.9 x 6.9 mm dan berat 508 gram.

Samsung Galaxy Tab A8 10.5 (2021) terdiri dari satu kamera beresolusi 8 MP di sisi belakang sedangkan di depan ada 5 MP untuk selfie. Perangkat tersebut telah terintegrasi dengan empat pengeras suara stereo.

Bahkan, pengguna dapat memperluas penyimpanan internal dengan microSDXC (slot khusus). Sensor termasuk Sidik Jari (dipasang di samping), akselerometer, gyro, kedekatan, dan kompas.

Itulah perbandingan Realme Pad Mini vs Samsung Galaxy Tab A8 WiFi. Pilih yang mana di antara tablet murah tersebut?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

8 Rekomendasi Tablet Murah di Bawah Rp 4 Juta Terbaik Januari 2023