Jum'at, 03 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Kamis, 17 November 2022 | 10:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara cek HP Samsung asli atau palsu agar tidak sampai jadi korban penipuan. Ikuti tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Cara cek HP Samsung asli atau palsu paling sederhana adalah dari tampilan layar. Samsung asli menampilkan warna-warna cerah di layar.

HP Samsung palsu menampilkan warna kusam. Ternyata masih banyak orang tertipu membeli HP Samsung palsu karena harganya yang murah.

Alasan di balik HP Samsung palsu adalah HP Samsung berjalan di OS Android dan OS Android adalah sistem operasi open-source.

Kode sumber OS Android tersedia gratis untuk semua orang dan perusahaan yang tertarik di bawah lisensi open-source.

Jika kamu ingin membeli HP Samsung, tetapi kamu tidak tahu perbedaan antara palsu dan asli? Atau kamu sudah berhasil membeli, tapi ragu dengan keasliannya? Bisa simak artikel dibawah.

Berikut cara cek HP Samsung asli atau palsu yang tim HiTekno.com rangkum dalam bentuk tutorial HP Android untuk kamu.

Samsung Galaxy A53 5G. (Samsung)

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu dengan Kode

  • Buka dialer dan masukkan kode *#0*#
  • Jika alat diagnostik segera muncul, HP Samsung kamu asli.

Jajaran HP Samsung Galaxy memiliki fitur alat diagnostik bawaan untuk memeriksa apakah semua fungsi perangkat berfungsi dengan baik. Jika kamu curiga HP palsu, tes diagnostik rahasia Samsung.

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu dengan IMEI

Cara alternatif untuk memeriksa apakah HP Samsung palsu adalah dengan memeriksa nomor IMEI. Nomor IMEI adalah pengidentifikasi unik untuk setiap smartphone.

  • Buka dialer dan masukkan kode *#06#
  • Segera, kotak pop-up dengan IMEI dan nomor seri akan muncul.
  • Sekarang, periksa kembali IMEI di HP kamu dengan nomor yang tertera di kotak. Jika mereka tidak sama, maka itu palsu.
  • Untuk memeriksa ulang, buka situs web https://www.imei.info/ dan masukkan nomor IMEI kamu. Lihat apakah nama model, nomor, dan spesifikasi perangkat yang ditampilkan di situs cocok dengan spesifikasi di kemasan. Jika mereka tidak cocok, maka itu palsu.

Dalam hal ini, kamu dapat melaporkan penjualan palsu tersebut kepada polisi, pemilik merek asli, dan otoritas terkait sesegera mungkin.

Untuk menghindari penipuan apa pun dalam pembelian di masa mendatang, disarankan untuk membeli hanya melalui Pusat Layanan Elektronik Samsung setempat atau situs web Samsung Electronics atau situs web e-niaga terpercaya lainnya.

Itulah cara cek HP Samsung asli atau palsu yang bisa kamu coba. Mulai sekarang kamu bisa lebih teliti dalam membeli HP baru. Semoga tutorial HP Android ini bermanfaat. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Blokir Nomor di HP Android Paling Mudah, Tidak Bisa Telepon dan SMS