Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 November 2022 | 14:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara mengubah angka numerik menjadi romawi yang bisa kamu lakukan di Microsoft Excel. Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Excel berikut ini untuk melakukannya.

Sebagai diketahui, ada beberapa jenis angka yang sering digunakan. Tidak hanya numberik, namun juga ada angka romawi juga masih ada beberapa lainnya. Keduanya didukung dengan baik ole Microsoft Excel.

Angka numerik merupakan sistem penomoran yang merepresentasikan sebuah angka atau bilangan, sedangkan angka romawi merupakan sistem penomoran yang menggunakan huruf latin untuk melambangkan angka numerik.

Rumus Roman

Dalam program Microsoft Excel kamu bisa dengan mudah mengubah angka numerik menjadi angka romawi, karena telah tersedia cara mengubah angka numerik menjadi romawi dengan menggunakan rumus roman.

Rumus roman adalah salah satu fungsi atau rumus dalam program Microsoft Excel yang digunakan untuk merubah angka biasa menjadi angka romawi. Cara penulisan rumus roman juga terbilang cukup mudah yaitu : =roman(number, [form])

Penjelasan:

  • Pada kolom number diisi dengan cell letak angka biasa yang ingin di ubah menjadi angka romawi berada, kolom ini wajib diisi
  • Pada kolom form kolom ini hanya opsional saja atau tidak wajib diisi karena kolom ini digunakan untuk menentukan pilihan tipe angka romawi yang kamu inginkan. Ada 4 jenis tipe form yang bisa kamu pilih yaitu kode form 0 untuk tipe angka romawi klasik, kode form 1 2 dan 3 untuk tipe angka romawi yang lebih ringkas seiring nilai dari formulir meningkat, dan kode form 4 untuk tipe angka romawi sederhana

Microsoft Excel. (Microsoft)

Nah setelah kamu mengetahui sedikit penjelasan mengenai apa itu rumus roman, maka kamu juga harus mengetahui cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel dengan menggunakan rumus roman tersebut.

Tutorial langkah-langkah untuk mengubah angka numerik menjadi romawi dengan menggunakan rumus roman yaitu :

  • Buka program Microsoft Excel pada perangkat kamu
  • Kemudian klik pada cell tempat kamu ingin meletakkan hasil perubahan angka romawi nantinya dan masukkan rumus yang telah disebutkan di atas sebelumnya yaitu  ketik tanda sama dengan "=" terlebih dahulu dan ketik roman selanjutnya diikuti dengan tanda kurung buka "( " lalu klik pada cell yang berisi angka numerik yang ingin kamu ubah menjadi angka romawi dan ketik kode form untuk tipe angka romawi yang ingin kamu gunakan kemudian masukkan tanda kurung tutup ")"
  • Setelah itu tekan tombol enter maka hasil angka romawi akan secara otomatis muncul pada cell tersebut. Untuk mengubah angka numerik menjadi angka romawi pada cell berikutnya maka kamu bisa langsung copy paste saja rumus tersebut

Itulah cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah, dengan adanya cara diatas maka kamu tidak perlu lagi merubah angka numerik menjadi angka romawi secara manual dengan mengetiknya satu per satu.

Manfaatkan cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel tersebut dengan baik. Semoga tutorial Microsoft Excel di atas bermanfaat.

BACA SELANJUTNYA

40+ Shortcut Keyboard Microsoft Excel Lengkap Masing-masing Fungsi