Kamis, 09 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 23 November 2022 | 11:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Harga silicon wafer TSMC meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2018. DigiTimes melaporkan bahwa TSMC berencana untuk menagih lebih dari 20,000 dolar AS untuk wafer 3nm.

Dilansir dari Phone Arena, ketika pengecoran bergerak dari 7nm ke 5nm, harga wafer naik 60% dari 10,000 dolar AS/wafer menjadi 16,000 dolar AS/wafer.

Harga wafer yang lebih tinggi akan menyebabkan produsen, membayar lebih untuk chip yang mereka butuhkan agar produk mereka berfungsi, menaikkan harga yang dibayar konsumen untuk perangkat.

Wafer adalah semikonduktor yang sangat dipoles dan diiris tipis yang berfungsi sebagai dasar untuk produksi chip.

Pola sirkuit terukir pada setiap wafer menggunakan mesin litografi dan bahan konduktor ditambahkan. Lapis demi lapis, chip dibangun di atas wafer dan dipotong oleh gergaji.

Kantor dan fasilitas produksi TSMC. (TSMC)

Wafer 12 inci tunggal dapat menghasilkan ratusan chip tergantung pada hasilnya. Hasilnya adalah persentase chip dari wafer yang melewati kontrol kualitas.

Selain Apple, yang merupakan pelanggan terbesar TSMC, perusahaan lain seperti Qualcomm, MediaTek, dan Intel dilaporkan memiliki pesanan 3nm yang akan diisi oleh TSMC tahun depan dan hingga 2024.

Tahun depan TSMC akan mulai mengirimkan chip 3nm ke Apple untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra.

Chip A17 Bionic akan diproduksi oleh pengecoran chip terkemuka di dunia tersebut menggunakan simpul proses mutakhir.

Sederhananya, semakin rendah nomor node proses, semakin kecil transistor, semakin kuat dan hemat energinya.

Misalnya, pada 2019 Apple mengtenagai lini iPhone 11 dengan 7nm A13 Bionic SoC yang membawa 8,5 miliar transistor di setiap chip.

Pada tahun 2022, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memiliki chipset A16 Bionic di bawah kap mesin mereka. Komponen itu dibuat oleh TSMC menggunakan node proses 4nm dan setiap chip berisi hampir 16 miliar transistor.

BACA SELANJUTNYA

Pasar Tablet Global Menurun pada 2022, Apple dan Samsung Masih Mendominasi