Senin, 30 Januari 2023
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 29 November 2022 | 14:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pejabat dan artis saat ini tentu sering kali menggunakan ponsel flagship untuk komunikasi sehari-hari, entah itu ber-Operating system Android ataupun iOS

Beda ceritanya ketika smartphone belum secanggih sekarang, dan Operating System terpopuler kala itu adalah Symbian.

Di Indonesia sendiri ada kisah menarik terkait hal tersebut, yakni momen ketika Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai Presiden Indonesia dan kisah HP Nokia jadul.

Pada 2013, muncul laporan mengejutkan yang mengungkap dokumen rahasia, membuat hubungan Indonesia dan Australia memanas.

Dokumen tersebut berisi penyadapan pada Agustus-November 2009, yang berisikan daftar pejabat tinggi Indonesia yang jadi target penyadapan sekaligus ponsel yang disadap. Setidaknya ada 10 nama pejabat Tanah Air yang tercantum.

Pejabat yang tercantum tersebut antara lain Presiden SBY, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wapres kala itu, Boediono dan Wapres Jusuf Kalla.

Ketika itu, SBY merupakan pengguna Nokia E90, ponsel primadona era tersebut yang kini bisa dibilang jadul, sementara itu Boediono menggunakan BlackBerry Bold 9000 dan Jusuf Kalla menggunakan HP Samsung SGH-Z370.

Daftar Pejabat yang Jadi Target Penyadapan Era SBY. (abc.net.au)

Uniknya, dokumen tersebut juga mengungkap bahwa banyak pejabat yang menggunakan HP sejenis dengan milik pak SBY, termasuk Sri Mulyani. Perlu diketahui bahwa jauh sebelum dominasi Samsung-Apple, Nokia adalah produsen paling berjaya seplanet.

Fakta Unik Nokia E90

Spesifikasi

Ponsel ini bisa dibilang mengusung konsep laptop mini. Ponsel tersebut bisa dibuka seperti buku, dan terdapat keyboard Qwerty plus layar selebar 4 inchi, tergolong besar di jamannya.

Selain itu ponsel tersebut dibekali OS Symbian 9,2 yang didukung CPU 330 MHz plus memori internal sebesar 128 MB.

Ponsel ini juga dibekali kamera utama 3.15 MP dan kamera selfie QCIF, plus baterai 1500 mAH.

Nokia E90 di E-Commerce. (Tokopedia)

Harga mencengangkan

Walau HP Nokia ini bisa dibilang sangat jadul, rupanya ponsel tersebut bisa ditemui dengan harga yang bervariasi.

Dijual sebagai item koleksi, ada yang melego ponsel tersebut rata-rata sekitar Rp 2 jutaan, namun ada juga yang menjual Nokia E90 Communicator dalam kondisi baru dengan harga meroket, mencapai Rp 7 jutaan rupiah di salah satu e-commerce Tanah Air pada saat artikel ini ditulis (29/11/2022).

Jadi itulah kisah unik Pak SBY dan Nokia E90, ponsel jadul yang dulunya pernah jadi andalan orang-orang penting di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Daftar Harga HP Sharp di Indonesia Terkini Januari 2023